FH Unhas bersama 488 mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 meluncurkan gerakan mengurangi sampah plastik di Aula Prof.Lopa, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (12/8/2019)

Bersama 488 Maba, Fakultas Hukum Unhas Luncurkan Gerakan Kurangi Sampah Plastik

Selasa, 13 Agustus 2019 | 00:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama 488 mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 meluncurkan gerakan mengurangi sampah plastik di Aula Prof.Lopa, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (12/8/2019).

Peluncuran Gerakan Mengurangi Sampah Plastik dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H., beserta dosen dan staf FH Unhas.

muhammad-ismak

Peluncuran tersebut diresmikan langsung oleh Dekan FH Unhas, Prof. Farida Patittingi. Sementara dalam sambutannya, Prof. Farida Patittingi memberikan nasehat singkat kepada mahasiswa baru terkait pentingnya menjaga lingkungan. Menurutnya, setiap elemen yang terlibat dalam fakultas akan memperoleh manfaat dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Lingkungan yang bersih tentu akan menghadirkan kenyamanan dalam belajar, bekerja, ataupun beraktivitas. Mari kita tumbuhkan semangat cinta bersih, apa salahnya jika anak-anakku semua setelah minum botolnya dibuang ke tempat sampah, jangan ditinggalkan begitu saja. Di sini kita menyediakan banyak tempat sampah. Jadi, ayo kita sama-sama jaga lingkungan kita dari sampah,” kata Prof.Farida dalam sambutannya.



Di tempat yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan launching tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Fakultas Hukum menyadari sepenuhnya bahwa kampus perlu menjadi contoh dan motivator bagi masyarakat untuk lebih peduli lingkungan. 

“Di Fakultas Hukum ada mata kuliah hukum lingkungan, jadi kita merasa terlebih dahulu mengkampanyekan menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan pengurangan sampah plastik. Kami sudah larang di kantin-kantin untuk jual minuman kemasan. Kita sediakan 15 dispenser isi ulang selama kegiatan P2KMB ini,” jelas Hasrul.

Lanjut Hasrul, ia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi momentum untuk seluruh elemen yang ada di Unhas agar mengurangi penggunaan sampah plastik dan bersama-sama lebih meningkatkan kepedulian akan lingkungan.

Sebagai bentuk peluncuran gerakan tersebut, seluruh mahasiswa baru Fakultas Hukum Unhas membawa tumbler dan poster berisikan pengurangan sampah plastik.(*)

BACA JUGA