Jembatan Bontokassi yang membentang di atas Sungai Rakikang, Kabupaten Gowa

Jembatan Bontokassi Terancam Putus

Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Jembatan Bontokassi, Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe, Gowa butuh perhatian dari pemerintah. Kondisinya cukup memprihatinkan. 

Bagian pondasinya rusak akibat diterjang air bah saat banjir melanda Gowa, Februari 2019 lalu. Jika tidak secepatnya dibenahi, jembatan itu rawan putus saat musim penghujan tiba. 

Warga Dusun Lantaboko, Iskandar cukup resah melihat kondisi jembatan Bontokassi. Ia berharap ada perbaikan sebelum masuk musim hujan. “Pondasi jembatan patah. Bahkan salah satu ujung jembatan sudah menyentuh dasar sungai. Kalau tidak diperbaiki sampai masuk musim hujan, jembatan itu dipastikan hanyut terbawa arus sungai,” tutur Iskandar, Selasa (13/8/2019).

Kades Bontokassi, Haeruddin Patunru mengatakan, jembatan Bontokassi yang membentang di atas Sungai Rakikang merupakan akses satu-satunya warga Dusun Lantaboko. Jika jembatan itu putus, maka sedikitnya 164 kepala keluarga akan terisolir. 

“Pemerintah desa sudah laporkan terkait kondisi jembatan Bontokassi ke Dinas PU. Tapi katanya tahun 2020 baru mau diperbaiki,” ucapnya.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang Umum (PUPR) Kabupaten Gowa, Rusli Rauf mengatakan bahwa jembatan tersebut sudah dalam pengusulan untuk diperbaiki.

“Sudah diusulkan untuk bencana alam kan dia ini bersamaan kemarin yang bencana ini,” katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (14/8/2019).(*)


BACA JUGA