Kalla Group menyerahkan bantuan 10 blok unit asrama mahasiswa untuk digunakan di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) yang terletak di Kabupaten Gowa, Rabu (14/8/2019)

Kalla Group Serahkan Asrama Mahasiswa ke Kampus Teknik Unhas di Gowa

Rabu, 14 Agustus 2019 | 21:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kalla Group menyerahkan bantuan 10 blok unit asrama mahasiswa untuk digunakan di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) yang terletak di Kabupaten Gowa, Rabu (14/8/2019).

Mewakili Kalla Group, Achmad Kalla menyampaikan bahwa Kalla Group melalui PT. Bukaka Poso Energy memberikan bantuan tersebut sebagai wujud penghargaan atas prestasi dan sumbangsih alumni Unhas yang bekerja cerdas dan membanggakan di perusahaan tersebut. 

muhammad-ismak

Achmad menganggap bahwa dari jajaran pimpinan hingga level staf, alumni Unhas telah membuktikan kemampuannya sehingga PT. Bukaka Poso Energy akan terus memberikan ruang besar bagi alumni untuk terus berkiprah di perusahaan energi tersebut. 

“Kami menjanjikan bahwa bangunan knock down ini bersifat sementara dan suatu saat akan diganti dengan bangunan permanen oleh Kalla Group. Diharapkan tidak sampai 5 tahun akan dibuat permanen sepanjang asrama ini dimanfaatkan dengan baik oleh Unhas,” kata Achmad.



Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Kalla Group atas bantuan asrama mahasiswa tersebut. Menurut Prof Dwia Unhas secara kelembagaan memiliki peran dan tanggungjawab yang tidak mungkin bisa dijalankan tanpa dukungan dan kerjasama dengan pihak industri maupun masyarakat. 

“Sebagai institusi pendidikan tinggi yang ingin makin memberikan kontribusi pada aspek kemanusiaan dan kemasyarakatan yang mewujud dalam tagline humaniversity and communiversity, Unhas berkiprah secara aktif membangun karakter mahasiswa. Melalui program “boarding” yang tahun ini dimulai di FT, akan juga diperluas untuk semua fakultas secara bertahap sesuai dengan kapasitas asrama atau rusunawa mahasiswa Unhas yang telah ada,” ungkap Prof. Dwia. 

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Teknik Unhas, M. Arsyad dalam laporannya menyampaikan bahwa 10 blok asrama tersebut telah mulai ditempati oleh mahasiswa baru. Khususnya untuk kegiatan “boarding” sebagai bagian dari program USLA (University Student Leadership Academy). 

“Nantinya dengan program USLA ini diharapkan akan memberikan bekal soft skill bagi mahasiswa baru. Pembekalan tidak sekedar dalam bentuk akademik namun akan secara intens dan konsisten mengedepankan karakter Maritim Unhas,” kata Arsyad.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah juga menambahkan bahwa asrama mahasiswa yang berlokasi di depan Kampus FT Unhas tersebut mulai dibangun sejak tahun lalu. Hingga saat ini hampir seluruh proses telah selesai, kecuali sarana pendukung tambahan yang terus akan dilengkapi. Bangunan berlantai dua itu adalah bangunan knock-down. 

“Dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama untuk merangkai menjadi hunian yang sangat layak untuk ditempati mahasiswa. Walaupun terbuat dari material yang sangat ringan, namun secara struktural telah diuji dan dinyatakan layak bangun. Sepuluh blok unit asrama tersebut dapat menampung hingga 810 mahasiswa,” kata Suharman.

Di penghujung acara dilakukan Penandatanganan Prasasti Peresmian oleh Presiden Direktur Kalla Group Solihin Jusuf Kalla. Selanjutnya serah terima kunci dari Kalla Group kepada Rektor Unhas dan Dekan FT, dan dilaksanakan kunjungan ke kamar asrama untuk memastikan ketersediaan fasilitas serta sarana pendukung asrama tersebut. Pada kesempatan itu disepakati untuk memberi nama asrama mahasiswa ini “KALLA Dormitory”.(*)

BACA JUGA