Pemkot Makassar dan Ombudsman Bersinergi Tingkatkan Layanan Masyarakat

Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Keberadaan Ombudsman di kota Makassar sejak beberapa tahun silam sedikit banyaknya telah memberikan sentuhan pada grafik pencapaian layanan masyarakat khususnya di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Ombudsman hadir sebagai quality control yang kinerjanya mengukur sejauh mana bentuk pelayanan publik untuk mencapai kepuasan masyarakat. Namun, sangat di sayangkan masih ada beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang menganggap keberadaan Ombudsman bukanlah sebagai mitra melainkan pengawas.

Hal inilah yang mendasari tim Ombudsman Makassar mengunjungi Pemkot Makassar. Mereka hadir dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar di Ruang Rapat Sekda lantai 9, Balai Kota, Jumat (16/8/2019).

Selain untuk bersilatuhrahmi, Ombudsman juga memaparkan program kerjanya yang tetap fokus pada tugasnya sebagai sosial control di masyarakat. Menerima aduan warga untuk selanjutnya diteruskan ke pihak terkait agar solusi dari keluhan tersebut bisa segera teratasi.

Layaknya gayung bersambut, Sekda Kota Makassar  M Anshar menyambut baik dan berharap agar Ombudsman tetap menjadi mitra terbaik Pemkot Makassar demi peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

“Ombudsman itu bukan pengawas.Ombudsman itu mitra. Mereka menampung saran maupun keluhan masyarakat lalu akan disampaikan ke pihak terkait. Jadi saya harap seluruh SKPD lingkup Pemkot Makassar jangan ada yang takut. Ini akan membantu mengkoreksi kinerja kita di lapangan. Semua SKPD harus bersinergi Ombudsman demi mencapai misi bersama yakni peningkatan pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ungkap Ansar. (*)


BACA JUGA