Upacara hari kemerdekaan RI ke-74 di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman (17/8/2019)

Iqbal Suhaeb Hadiri Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 15:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pengibaran sang saka Merah Putih dilakukan serentak hari ini di seluruh penjuru Indonesia. Masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan RI yang jatuh tepat hari ini 17 Agustus 2019 sebagai ungkapan syukur dan juga mengenang jasa pejuang yang telah membebaskan Indonesia dari serangan sekutu.

74 tahun sudah Indonesia merdeka. Begitu banyak suka cita dalam mengarungi perjuangan bangsa. Banyak usaha dan air mata yang tumpah untuk meraih kemenangan di bumi pertiwi. Para pejuang veteran menjadi saksi akan perjuangan tersebut.

muhammad-ismak

Olehnya itu, untuk kembali mengenang perjuangan para pahlawan dan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme di hati seluruh anak bangsa, maka dihelatlah upacara kemerdekaan seperti halnya yang nampak di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman (17/8/2019).

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal, Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar, Forkopimda Kota Makassar, dan juga SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar usai menggelar upacara di Tribun Karebosi, bergegas ke Rujab Gubernur Sulsel untuk mengikuti detik-detik Proklamasi dan pengibaran bendera Merah Putih.



Dalam perayaan ini bertugas sebagai Komandan Upacara Mayor Inf Hengky Vantriardo, Pembawa Baki Fiyona Sanda Verhomal dari SMAN 21 Kabupaten Gowa, Pembawa Peti Alya Laurell Olivia Nut dari Kota Makassar.

Iqbal Suhaeb saat detik-detik Proklamasi nampak haru menyaksikan pengibaran Merah Putih yang dilakukan oleh Paskibraka terpilih se-Sulawesi Selatan ini.

“Ini adalah sebuah perjuangan. Tidak mudah untuk mendapatkan kemenangan. Tangis suka cita untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Kita harus bangga dan menjadikan negara tempat berpijak ini menjadi ladang pahala untuk perjuangan selanjutnya,” ungkap Iqbal.

Kemerdekaan Republik Indonesia kini dinikmati oleh anak cucu bangsa. Tonggak kepemimpinan akan berganti seiring bergulirnya waktu. Semoga semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme senantiasa membara di jiwa para anak muda Indonesia.(*)

BACA JUGA