Pawai Obor digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, di Kabupaten Gowa

Upacara Taptu dan Pawai Obor Warnai Malam HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Gowa

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 01:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Upacara Taptu dan Pawai Obor menjadi salah satu tradisi yang digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Tradisi ini dengan tujuan mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk di dalamnya semangat para pejuang. 

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga usai bertindak sebagai Inspektur Upacara Taptu di halaman Kantor Bupati Gowa, Jumat (16/8/2019). Dalam upacara tersebut juga dihadiri langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Kabupaten Gowa H. Muchlis, Ketua DPRD Gowa Muh. Ishak, jajaran Pimpinan Forkopimda Gowa dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa. 

pt-vale-indonesia

Selain itu, upacara Taptu tersebut dirangkaikan dengan pawai obor yang mana terkandung makna mendalam. Api disimbolkan sebagai lambang semangat yang menyala sementara rombongan (pawai) yang berjalan di sepanjang kota menandakan mereka menginformasikan dan menyebarkan semangat yang menyala kepada masyarakat sekitarnya. 

“Kita harapkan akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin. Semangat dalam hati ini harus bisa kita bangun dan dikobarkan kepada orang-orang disekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” ungkapnya. 

Pada momentum Kemerdekaan RI tahun ini mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, dengan itu diharapkan pembangunan nasional ke arah kompetensi manusia. Sehingga pembangunan SDMnya bisa menjadi unggul dan hal ini juga bisa dilakukan secara merata khususnya di Kabupaten Gowa. 

“Semua instansi dan komponen bergerak untuk meningkatkan kompetensi itu dan yakinlah kita dapat memajukan Indonesia dengan SDM unggul seperti itu,” terangnya. 

Upacara Taptu dan pawai obor sendiri diikuti anggota TNI/Polri, Rindam, Satpol PP, Dishub dan anggota Pramuka. Rute yang dilalui rombongan pawai obor yakni Jalan Masjid Raya, Jalan Tinggimae, Jalan Kacong Dg Lalang, Jalan Andi Tonro, Jalan Agus Salim dan kembali ke halaman Kantor Bupati Gowa sekaligus menutup upacara Taptu. 

Selama pawai rombongan terlihat menyanyikan sejumlah lagu-lagu kemerdekaan RI. Setelah Upacara Taptu akan dilanjutkan dengan malam renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan Romang Lompoa.(*)