Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Rapat Koordinasi Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nasional tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar, Senin (19/8/2019)

Bupati Gowa Dukung Pembangunan Pendidikan yang Berkualitas

Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan pendidikan yang berkualitas secara merata dan menyeluruh. Termasuk di wilayah Kabupaten Gowa. 

Pihaknya pun sangat memberikan apresiasi luar biasa atas digelarnya Rapat Koordinasi Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nasional tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar, Senin (19/8/2019).

muhammad-ismak

Menurut Bupati Adnan, adanya rapat koordinasi yang melibatkan seluruh kepala daerah dan stakeholder terkait merupakan salah satu cara untuk mencari solusi yang tengah dihadapi pemerintah dalam hal penigkatan sumber daya manusia di Indonesia melalui sektor pendidikan. 

“Dengan digelarnya rakor ini segala permasalahan-permasalahan yang ada di daerah otomatis dapat teratasi. Sehingga jangka panjangnya akses dan peningkatan mutu pendidikan di daerah lebih berkualitas,” katanya usai menghadiri rapat koordinasi ini. 



Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nasional, Didi Suhardi menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka membangun pendidikan yang berkualitas di Sulawesi Selatan. Hal tersebut selaras dengan semboyan Presiden RI yakni “Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju”, yang mana pendidikan merupakan salah satu komponen dalam membangun SDM unggul.

Lanjutnya, Indikator keberhasilan  pendidikan diukur dengan seberapa besar kita mampu memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia usia sekolah untuk bisa menikmati pendidikan. Sesuai dengan amanat dan Undang-undang maka pemerintah sudah mengamatkan agar kita melaksanakan wajib belajar 12 tahun.

“Inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama, yang mana pada saatnya nanti minimal anak-anak Indonesia berpendidikan setingkat sekolah menengah, dan tentunya ini perlu kerja keras kita bersama sehingga wajib belajar 12 tahun menjadi program yang kita prioritaskan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang turut hadir dalam kegiatan mengatakan bahwa aset paling berharga bagi bangsa Indonesia adalah generasi yang terdidik dengan baik.

Diketahui Kabupaten Gowa merupakan satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan. Hal tersebut terbukti dari program dan kebijakan yang dibuat Pemerintah Kabupaten Gowa.

Seperti Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah yang diterapkan di sekolah-sekolah dan Investasi Sumber Daya Manusia seperempat abad.(*)

BACA JUGA