450 jamaah haji asal Kabupaten Gowa dari Kelompok Terbang (Kloter) 5 tiba di tanah air di Asrama Haji Embarkasi Makassar, Rabu (21/8/2019)

450 Jamaah Haji Asal Gowa Tiba di Tanah Air

Rabu, 21 Agustus 2019 | 20:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 450 jamaah haji asal Kabupaten Gowa dari Kelompok Terbang (Kloter) 5 tiba di tanah air di Asrama Haji Embarkasi Makassar, Rabu (21/8/2019).

Jamaah Haji Kabupaten Gowa tersebut diterima langsung oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni, Kepala Dinas Sosial Syamsuddin Bidol dan pihak Kementerian Agama Kabupaten Gowa.

Bupati Adnan menyampaikan selamat datang kepada jamaah haji Kabupaten Gowa tersebut. “Selamat datang kembali ke tanah air untuk para jamaah haji yang tiba hari ini,” katanya. 

Bupati Adnan juga berharap semoga seluruh rangkaian ibadah yang dijalani saat berada di Tanah Suci Mekkah dapat bernilai ibadah. Termasuk pula dapat memperoleh haji yang mabrur dan bermaslahah bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan agama. 

“Kita berharap para jamaah haji yang telah tiba hari ini dapat menjadi garda terdepan dan menjadi teladan yang baik. Baik dalam berprilaku maupun berkata-kata,” ujarnya. 

Lanjutnya, Bupati Adanan juga berharap dapat menjadi penggerak dalam berbagai kegiatan pembangunan daerah. Dinamika sosial yang terjadi akibat keterbukaan informasi sangat berpotensi besar dalam menimbulkan fitnah dan perpecahan di tengah-tengah masyarakat, sehingga hal tersebut dianggap perlu dikendalikan dan diarahkan ke arah yang lebih baik. 

“Dengan kehadiran jamaah haji baru ini di tengah-tengah keluarga dan masyarakat diharapkan dapat membawa perubahan sosial, spiritual, kedamaian dan pencerahan dalam menata kehidupan masa kini dan masa yang akan datang,” harapnya. 

“Kedatangan bapak ibu ini tentunya sangat kami rindukan, sangat kami nantikan dan sangat kami harapkan. Seseorang muslim yang diberikan kesempatan melaksanakan ibadah haji adalah orang-orang pilihan Allah SWT, apalagi kita ketahui bersama ada ribuan daftar tunggu jamaah calon haji yang ingin berangkat, bahkan masa tunggunya bisa sampai 30 tahun,” sambung Adnan. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak mulai dari panitia penyelenggara ibadah haji di Embarkasi Makassar hingga petugas haji di kloter 5. 

“Adanya kerjasama dan kekompakan dengan para jamaah haji sehingga seluruh rangkaian penyelenggaraan dan perjalanan haji dapat berjalan dengan baik,” tambahnya. 

Kepala Bidang (Kabid) Perbekalan PPIH Embarkasi Makassar Fathur Rahman menyebutkan, dari 455 jamaah haji yang diterima kali ini di antaranya, 450 jamaah haji dan 5 orang petugas jamaah haji. 

“Allhamdulilah seluruh jamaah haji yang tiba hari ini dalam keadaan utuh dan dengan selamat serta tanpa kekurangan satu apapun,” katanya. 

Ia berharap, setelah menjalani ibadah selama 41 hari di Mekkah dan Madinah dapat menjadi haji yang mambrur. 

“Semoga bapak ibu semua dapat menjadi haji yang membawa kemaslahatan bagi keluarga, masyarakat dan daerahnya masing-masing,” ujarnya.(*)