Nasdem Usulkan Tiga Nama Calon Pimpinan DPRD Gowa

Kamis, 22 Agustus 2019 | 15:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Partai Nasdem menjadi salah satu Partai Politik (Parpol) yang meraih kursi terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Legislatif (Caleg) beberapa bulan lalu.

Partai besutan Surya Paloh tersebut berhasil meraih 5 kursi di parlemen Kabupaten Gowa. Dengan raihan tersebut, Partai Nasdem mendapat jatah kursi Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa.

muhammad-ismak

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem, Capt Hariadi menyebutkan bahwa telah mengirimkan tiga nama untuk diusulkan menduduki satu kursi pimpinan tersebut.

Ketiga nama yang diusulkan tersebut masing-masing Ir Muh Amir Ali dengan perolehan 2.399 suara, Risqiyah Hijaz 3.229 suara, dan H. Muslimin Daeng Mile dengan 1.821 suara.



“Sesuai PO DPD NasDem Gowa diminta mengusulkan nama-nama pimpinan dewan,” kata Capt Hariadi, Kamis (22/8/2019).

Lanjut Capt Hariadi mengatakan bahwa pengusulan tiga nama tersebut berdasarkan hasil rapat pleno DPD NasDem Gowa beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem memiliki kewenangan sepenuhnya untuk merekomendasikan siapa yang ditunjuk menduduki kursi pimpinan ini.

Ia juga menyebutkan bahwa penunjukan calon pimpinan DPRD tersebut berdasarkan mutu sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki caleg terpilih dan berdasar perolehan jumlah suara.

“DPP akan merekomendasikan kader terbaik yang mampu membesarkan partai dan menjalankan fungsi pengawasan. Hal itu ditandai dengan mutu sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh caleg terpilih tersebut dan merujuk jumlah perolehan suara tertinggi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 kemarin,” jelasnya.

Namun terlepas dari pada itu, Capt Hariadi menambahkan penunjukan pimpinan dewan adalah kewenangan pusat, daerah hanya melaksanakan sesuai dengan kewenangan. Sementara untuk caleg terpilih Pantai Nasdem Asmollah, Muh Amir Ali, Rosita, Drs Muslimin Dg Mile dan Risqiyah Hijaz.(*)