Kepala Dinas Pindidikan Kabupaten Gowa, Dr. Salam/Junaid/Gosulsel.com

Mutu Pendidikan Kabupaten Gowa Duduki Peringkat 6 di Sulsel

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 09:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Mutu pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Gowa sekarang berada di peringkat enam (6) di Sulawesi Selatan seteleh sebelumnya berada di peringkat 21.

Hal tersebut berdasarkan data yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI beberapa waktu lalu. 

muhammad-ismak

“Memang benar, mutu pendidikan SD kita sekarang sudah berada di peringkat ke-6 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Bahkan meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya berada di peringkat ke 21,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Salam.

Sementara untuk tingkat SD nilai index mutu baik Gowa mencapai 47 poin. Di bawah Kabupaten Wajo, Makassar, Enrekang, Bone dan Sidrap. Sedangkan tingkat SMP index mutu baik Gowa 26 poin di bawah Bone, Wajo, Bulukumba, Toraja Utara dan Makassar.



“Hasilnya, Gowa kini sudah bisa bicara banyak terkait peringkat dan prestasi di bidang pendidikan. Peningkatan itu merupakan penilaian langsung dari Kemendikbud RI sebagai instansi pemerintah yang membidangi sektor pendidikan,” tutur Salam.

Diketahui, sektor pendidikan sendiri sudah menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Gowa sejak masa kepemimpinan Bupati Ichsan Yasin Limpo. Setelah digantikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni, sektor pendidikan juga tetap menjadi prioritas di daerah Kabupaten Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam dibeberapa kesempata selalu mengungkapkan jika di bawah kendalinya, Pemkab Gowa akan tetap konsisten dalam meningkatkan mutu pendidikan di Gowa. 

“Ini bukti atas komitmen Bapak Bupati dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Gowa. Jadi tidak hanya sekadar bicara di publik, tapi dibuktikan dengan program dan data peningkatan mutu pendidikan,” pungkas Salam.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, saat menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan di Sulawesi Selatan, mengungkapkan tiga indikator yang dapat menghasilkan peningkatan akses dan mutu pendidikan berkualitas. Pertama, memberikan pendidikan secara berkualitas bagi seluruh anak – anak Indonesia sesuai dengan amanat UUD 1945.

Kedua dengan memberikan pendikan berkualitas, tidak hanya sekedar menjelaskan namun harus menciptakan anak didik berkualitas. Ketiga cara mengelola pendidikan transparan dan akuntabel ditunjang dengan anggaran pendidikan kuat.(*)

BACA JUGA