Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memimpin rapat pembentukan tim program tersebut di Kantor PKK Gowa, Senin (26/8/2019)

Program Satu Desa Satu Hafiz, Bupati Gowa Mulai Bentuk Tim

Senin, 26 Agustus 2019 | 21:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) semakin digenjot. Salah satunya dengan melahirkan satu penghafal Alquran atau hafiz pada setiap desa/kelurahan melalui program satu desa/kelurahan satu hafiz yang direncanakan mulai jalan tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memimpin rapat pembentukan tim program tersebut di Kantor PKK Gowa, Senin (26/8/2019).

muhammad-ismak

“Langkah awal yang kami lakukan untuk percepatan program ini yaitu membentuk tim dengan melibatkan SKPD dalam lingkup Pemkab Gowa, untuk mendapatkan masukan terkait program ini, baik mengenai sistem belajarnya, tempatnya, hingga kriterianya,” ungkapnya.

Adnan mengatakan, program ini akan dibagi dua yakni untuk usia muda dan para imam serta guru agama. Kedua ini nantinya akan menjadi imam-imam di setiap masjid yang ada di Kabupaten Gowa.



“Jadi nantinya ini dibagi dua, untuk usia muda sendiri sebaiknya telah lulus agar tidak bermasalah dengam sekolahnya terkait batasan mungkin 30 tahun, namun untuk tahap awal kita hanya mengirim satu dulu sehingga berjumlah 167 orang,” bebernya.

Selain itu, terkait pembiayaan kata Adnan, peserta tidak dipungut biaya sepeserpun namun akan dibebankan pada dana desa/kelurahan mulai dari masuk hingga selesai. Selain itu, terkait tempat untuk jangka pendek akan dilakukan kerjasama dengan rumah-rumah tahfiz yang ada di Kabupaten Gowa seperti di Kanreapia, Taeng, Tombolopao, dan Pattallassang.

“Sebaiknya dilakukan di Gowa, karena ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai asrama,” jelasnya.

Olehnya itu, ia berharap langkah awal tersebut bisa berjalan dengan baik, sehingga program tersebut bisa terlaksana dengan perencanaan yang matang dan melahirkan seorang hafiz yang akan mengisi seluruh masjid di Kabupaten Gowa sebagai imamnya.

Rapat ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, Sekkab Gowa Muchlis, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(*)

BACA JUGA