Pemerintah Desa (Pemdes) Lassa-lassa Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa mencanangkan program satu rumah satu kolam ikan

Cegah Stunting, Pemdes Lassa-Lassa Bontolempangang Canangkan Satu Rumah Satu Kolam Ikan

Kamis, 29 Agustus 2019 | 09:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Desa (Pemdes) Lassa-lassa Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa mencanangkan program satu rumah satu kolam ikan.

Kepala Desa Lassa-lassa, Awaluddin Hamzah mengatakan program tersebut sebagai salah satu langkah Pemerintah Desa untuk mencegah Stunting atau gizi buruk di Desa Lassa-lassa.

muhammad-ismak

“Awalnya niat mendekatkan pasar di rumah jadi warga saya imbau menanam tanaman sayuran dan mengusahakan membuat kolam ikan bagi warga yang memiliki banyak air dan seiring berjalannya waktu sesuai dengan salah satu program pemenuhan gizi dalam rangka mencegah stunting,” jelasnya.

Menurut Awaluddin Hamzah dengan program satu rumah satu kolam ikan ia mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sebagai upaya pemenuhan gizi.



“Lebih tepatnya dengan mengkonsumsi ikan dapat memenuhi gizi dan program satu rumah satu kolam ikan ini saya mulai Januari 2019 lalu,” jelas Awaluddin Hamzah.

Sementara dikutip dari IDNTIMES.COM dijelaskan bahwa ikan bisa jadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam mencukupi kebutuhan gizi mereka dengan harga yang terjangkau. Ternyata ikan mempunyai banyak kandungan yang tidak kalah hebatnya dengan daging sapi maupun ayam yang harganya mahal.

Seperti misalnya Ikan lele dan ikan mas. ikan lele mengandung kadar vitamin B12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele saja diketahui mengandung 40 persen asupan vitamin B-12 yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari.

Vitamin B-12 pada ikan lele juga sangat penting untuk membantu memecah makanan yang kalian konsumsi sebagai energi. Selain dari itu, ikan lele juga memiliki kandungan merkuri yang rendah.

Ini sangat baik karena bagi ibu hamil, kadar merkuri yang tinggi dapat membahayakan janin. Asupan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dikandung ikan lele sangat baik untuk otak si buah hati.

Sama halnya dengan ikan lele, ikan mas juga mengandung banyak sekali protein dan vitamin. Ditambah lagi kandungan kalium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah osteoforosis dini. Vitamin A dan B1 yang terkandung di dalam ikan mas juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Awaluddin Hamzah menyebutkan bahwa saat ini sudah ada sekitar 40 rumah yang memiliki kolam ikan. “Dari bulan Januari 2019 lalu sampai sekarang sudah ada sekitar 40 rumah yang punya kolam ikan dan ini biaya swadaya ditanggung masing-masing pemilik rumah. Hanya bibit ikannya kami yang siapkan,” lanjutnya.

Selain kolam ikan langkah lain yang dilakukan untuk mencegah stunting yaitu melengkapi perlengkapan kesehatan di posyandu dan mengimbau masyarakat untuk menanam sayuran tanaman obat di halaman rumah masing-masing.

“Kami juga melengkapi peralatan kesehatan di Posyandu untuk memeriksa bayi dan balita apakah stunting atau tidak. Selain itu kami juga mengajak masyarakat untuk menanam sayuran dan toga (tanaman obat keluarga) di halaman rumah,” tambahnya.(*)