FOTO: Talkshow Optimalisasi Peran Insfrastruktur dalam Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Ekonomi Daerah di Gedung D'Bollo/Kamis, 29 Agustus 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Pemkab Gowa Bahas Langkah Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Ekonomi Daerah

Kamis, 29 Agustus 2019 | 22:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa menggelar Talkshow Optimalisasi Peran Insfrastruktur dalam Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Ekonomi Daerah di Gedung D’Bollo, Kamis (29/8/2019).

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Gowa Mappasomba mewakili Bupati Gowa mengatakan, pertemuan tersebut merupakan proses pengendalian inflasi daerah. 

muhammad-ismak

“Hal ini termasuk dalam salah satu tugas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa yang telah diatur dalam keputusan presiden nomor 23 Tahun 2017 tentang Tim pengendalian inflasi nasional dan keputusan menteri dalam negeri,” ujarnya.

Lanjutnya, Mappasomba mengungkapkan bahwa peningkatan kontribusi sektor pertanian memang adalah langkah kongkrit yang harus dilakukan dalam menekan laju inflasi khususnya di Kabupaten Gowa. 



“Talkshow ini kita gelar dengan melibatkan seluruh pihak untuk membahas langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menunjang peningkatan kontribusi sektor pertanian,” lanjutnya. 

Ia juga menyebutkan ada tiga kunci utama dalam mengendalikan inflasi yang dibahas dalam Rakornas Tahun 2019. Pertama, mengoptimalkan pembangunan infrastruktur pertanian dan logistik dengan bersinergi antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Kedua, meningkatkan inovasi program pengendalian inflasi. Antara lain, melalui pengembangan model kerjasama perdagangan antara daerah. 

Ketiga, memperluas penggunaan teknologi informasi secara terintegritas seiring dengan masih terbukanya ruang inovasi dalam model bisnis dan model kerjasama antar daerah. 

“Termasuk pula dalam hal ini memperkuat sinergi kebijakan dan meningkatkan ketersediaan pasokan dan menjaga kelancaran distribusi pangan,” harapnya.(*)

BACA JUGA