Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar pelatihan pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan kotoran sapi di Desa Balassuka Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa, Sabtu (31/8/2019)

Manfaatkan Kotoran Sapi, Mahasiswa Teknik Lingkungan Unhas Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos di Balassuka

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 12:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebayak 120 mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar pelatihan pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan kotoran sapi di Desa Balassuka Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa, Sabtu (31/8/2019).

Kegiatan berlangsung di Aula Perguruan Muhammadiyah Balassuka dengan tema “Pemanfaatan kotoran sapi sebagai kompos”, dihadiri oleh tokoh masyarakat, kelompok tani, dan masyarakat desa Balassuka.

pt-vale-indonesia

Ketua BEM Fakultas Teknik, Amarudin Fajar Fisu mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan herak peduli sosial dilakukan Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan Unhas dan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat.

Lanjutnya, Amarudin Fajar Fisu pelatihan yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Teknik merupakan upaya memanfaatkan kotoran ternak sapi di Balassuka, sehingga menjadi pupuk organik.

“Pupuk kompos dipermentasi dalam dua bentuk yakni cair dan padat, pupuk organik yang telah diolah diharapkan bisa bermanfaat bagi kalangan masyarakat. Pelatihan ini merupakan langkah awal dan akan kami tindak lanjuti,” ujar Amarudin Fajar Fisu.

Sementara itu, Pemerintah desa Balassuka Abd. Malik mengapresiasi kegiatan mahasiswa Teknik Unhas dan mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dengan masyarakat Desa Balassuka.

“Hal ini merupakan langkah awal, jika kotoran sapi dimanfaatkan maka akan menjadi potensi ekonomis petani di Balassuka,” ujarnya.

Olehnya itu, Abdul Malik berharap kepada kelompok tani dan masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut agar memperhatikan dengan baik tentang proses pembuatan pupuk kompos tersebut.(*)