Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni menghadiri langsung peresmian Gereja Toraja Lakipadada Sungguminasa yang berlokasi di Jalan Malino, Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Sabtu (31/8/2019)

Hadiri Peresmian Gereja Toraja Lakipadada Sungguminasa, Ini Pesan Wakil Bupati Gowa

Minggu, 01 September 2019 | 00:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni menghadiri langsung peresmian Gereja Toraja Lakipadada Sungguminasa yang berlokasi di Jalan Malino, Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Sabtu (31/8/2019). 

Wabup Gowa mengatakan, pembinaan dan pembangunan pada bidang agama di wilayah Kabupaten Gowa mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai bagian integral dari upaya meletakkan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pembangunan daerah hingga nasional. 

muhammad-ismak

“Saya menyampaikan terima kasih kepada panitia pentabisan Gereja Toraja Lakipadada atas partisipasinya membantu pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan khususnya dibidang keagamaan. Hal ini terlihat dengan bertambah baiknya sarana ibadah yang ada saat ini,” katanya dalam sambutannya. 

Kr Kio juga mengatakan hadirnya Gereja Toraja Lakipadada tersebut juga sebagai bukti bahwa di tengah-tengah masyarakat  telah tercipta kerukunan antar umat beragama. Kerukunan tersebut pun pada akhirnya mampu mengatasi kehidupan dari pengaruh negatif era globalisasi dan pengaruhnya terhadap nilai-nilai agama dan kebudayaan yang semakin nyata tergesernya. 



“Partisipasi dan kebersamaan semua elemen masyarakat dalam pembinaan kehidupan beragama menjadi hal yang sangat signifikan perlu kita bangun. Adanya keterlibatan dan pemikiran dari seluruh umat beragama tentunya akan mengarah pada arah perubahan yang positif dan tidak menyimpang dari ajaran yang ada serta budaya bangsa dan lokal kita,” terangnya. 

Lanjutnya, pemerintah daerah pun sangat mengharapkan peranan dan bantuan seluruh umat beragama, tokoh dan pemuka agama, hingga tokoh masyarakat dalam memberikan kontribusi dan partisipasi aktif serta nyata dalam mengatasi berbagai krisis tantangan yang dihadapi di era modern sekarang ini. 

“Kami pun sangat berharap semua pihak mampu menjaga ketenangan dan kejernihan berpikir maupun bertindak, sehingga kita tidak dengan mudahnya terpecah belah. Seperti terpancing dengan isu-isu yang menghasut masyarakat. Kita harus bisa mengatasi dan memandang persoalan seperti ini dengan sangat bijaksana,” ujarnya. 

Dengan hadirnya Gereja Toraja Lakipadada agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para jemaat serta tak lupa untuk dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat digunakan pada jangan waktu yang lebih panjang. 

Dalam kesempatan tersebut juga Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga menambahkan, antara pejabat pemerintahan baik itu Polri, TNI, pemerintah daerah, tokoh agama dan masyarakat harus ada kerja sama yang baik sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman. 

“Kita juga harus bisa berkoordinasi apabila ada suatu masalah yang terjadi agar bisa diselesaikan bersama-sama pula,” tegasnya. 

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Dandim 1408 Gowa Letkol Arh Muh. Suaib, Ketua BPS Gereja Toraja Pdt. Musa Salusu, M.Th dan para undangan lainnya.(*)