Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Satu Tahun Prof Andalan, Wagub Janji Selesaikan Program Prioritas

Selasa, 03 September 2019 | 13:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan selama setahun dirinya bersama Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah memimpin Sulsel, sudah ada beberapa perubahan yang telah dilakukan. Untuk sistem pemerintahan yang dijalankan di Pemprov Sulsel saat ini memang ada yang baik dan ada juga yang tidak.

“Khusus di bidang pemerintahan kita sudah menjalankan beberapa program seperti transfer non tunai, kemudian kita mencoba bagaimana melakukan reformasi birokrasi dan segi sistem penganggaran yang lebih efisien dan efektif,” ujar Andi Sudirman.

muhammad-ismak

Selain itu kata dia, perbaikan strukturisasi OPD guna mempermudah segala perencanaan tidak melalui satu OPD saja.

“Kita juga fokus membuat blue print di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Supaya Bappeda tidak menjadi penampung program saja, namun jadi motor segala perencanaan,” bebernya.



Dia mengaku, untuk menyelesaikan semua program prioritas, Pemprov Sulsel masih jauh dari harapan. Pasalnya, untuk tahun ini, sejumlah proyek hingga awal Agustus tahun anggaran 2019, jumlah tender proyek di Pemprov Sulsel terhitung lamban. Terlihat masih ada 167 paket proyek yang belum diusulkan. Padahal nilai paket itu cukup besar, yakni sebesar Rp168,9 miliar. Lambannya tender ini dikarenakan masih banyak perencanaan proyek yang belum diusulkan dari OPD terkait. 

Sejumlah proyek lainnya hanya sebatas wacana saja, bahkan kata Wagub Sulsel Andi Sudirman masih ada beberapa proyek jalan yang baru direncanakan untuk diselesaikan tahun depan.

“Proyek yang mulai kelihatan sesuai visi dan misi gubernur dan wagub utamanya pembangunan jalan yang terisolir. Tahun depan kita akan buka jalan seperti Barru-Soppeng kemudian ada beberapa terisolir. Tempat wisata misalnya bandar udara. Beberapa hal yang lain kita juga pembangunan rumah sakit sudah ada pembebasan lahan,” jelas Andi Sudirman.(*)

BACA JUGA