FOTO: perintis dan pendiri Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 yang berada di areal Cekkeng Nursery, Basmawati Haris Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2019/Kamis, 5 September 2019/Ist
#

Pendiri Rumah Baca Pinisi Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2019

Jumat, 06 September 2019 | 13:29 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019 sebagai bentuk apresiasi tertinggi atas dedikasi dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta mengupayakan peningkatan kegemaran membaca di Indonesia.

Salah satu penerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka tahun 2019 untuk kategori masyarakat adalah Basmawati Haris dari Kabupaten Bulukumba.

Basma sapaan akrabnya menerima penghargaan tersebut dari Menpan RB Drs. Syafruddin M.Si pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2019 di The Ballroom Jakarta Theater, Kamis (5/9/2019).

Basma adalah perintis dan pendiri Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 yang berada di areal Cekkeng Nursery. Penghargaan ini diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI yang diserahkan kepada Basma atas dedikasinya dalam peningkatan pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang mengikuti acara tersebut menyampaikan dukungan dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba atas dedikasi Basmawati di gerakan literasi melalui perpustakaan yang dirintisnya.

“Saya juga mengharapkan dan mendorong generasi muda penggiat literasi dapat terinspirasi dan bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta stakeholder lainnya dalam upaya meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba,” pinta AM Sukri Sappewali.

Harapan yang sama disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Siti Isniyah yang juga merupakan Bunda Baca Bulukumba . Ia mengharapkan akan muncul lagi “Basmawati” yang lain yang dapat mendorong upaya pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba.

“Penghargaan ini adalah hasil dari kerja kerja ikhlas dan tulus yg telah dilakukan oleh gadis manis ini dalam menyebarkan virus literasi kepada masyarakat. Selamat buat Basma, tetaplah menginspirasi bagi kita semua,” ungkap istri Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto ini.

Sementara itu, Basmawati mengaku merasa bersyukur dan senang hadir pada acara tersebut dan menerima penghargaan.

“Tuhan mengabulkan mimpi saya. Penghargaan ini saya persembahkan untuk banyak orang-orang baik yang telah banyak membantu saya bergerak, setelah ini tentunya masih ada banyak yang harus saya selesaikan masih harus terus bergerak dan berkolaborasi bersama banyak orang baik membuat karya untuk bulukumba,” pinta Basma.(*)