FOTO: Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng/Senin, 9 September 2019/Mirsan/GOSULSEL.COM

Begini Persiapan Pemprov Sulsel Menyambut Pelaksanaan PON XX Papua

Senin, 09 September 2019 | 15:57 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemprov Sulsel berjanji akan menyiapkan anggaran pendukung bagi atlet yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Dukungan tersebut salah satunya dalam bentuk anggaran.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng mengatakan khusus untuk olahraga prestasi memang menjadi tanggung jawab KONI. Pihaknya hanya fokus pada pembinaan dan peningkatan olahraga di Sulsel.

muhammad-ismak

“Aturan undang-undang begitu, kita berharap memang anggaran bisa memadai. Nanti kita bagi tugas, mana yang dibiayai oleh KONI dan mana kita. Karena kalau di Dispora anggaran kami terbatas dengan Pagu RPJMD,” kata Muhlis.

Terkait besaran anggaran PON XX di Papua, Muhlis menyebutkan masih menunggu hasil pra-PON yang masih sementara berlangsung. Nantinya anggaran yang diusulkan disesuaikan dengan jumlah atlet, pelatih dan official dari setiap cabang olahraga yang lolos.



Dia mencontohkan anggaran praPON yang sebelumnya hanya Rp8 miliar lebih di APBD pokok 2019. Namun karena ada kenaikan jumlah atlet serta biaya yang harus dikeluarkan, dilakukan penambahan di APBD perubahan sebesar Rp10 miliar.

“Yang di APBD pokok masih kurang, karena ada cabor yang tiba-tiba bertambah jumlah atletnya seperti takraw. Belum lagi kemarin ada kenaikan tiket pesawat,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan anggaran yang dikucurkan pemerintah bisa memperbaiki prestasi Sulsel di PON. Minimal diatas pencapaian PON Jawa Barat 2016 lalu, saat itu di posisi 12 dari 34 provinsi dengan raihan 12 emas, 24 perak dan 29 perunggu. 

Sementara itu, anggota Tim Penyusun Anggaran Daerah (TPAD) Pemprov Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan untuk anggaran PON, baik hibah ke KONI dan anggaran ke Dispora masih belum diputuskan. Pihaknya masih menunggu usulan dari KONI dan Dispora.

“Kita masih tunggu usulan dari KONI dan Dispora, setelah itu kita akan duduk sama-sama membahasnya sebelum diusulkan ke Pak Gubernur dan DPRD Sulsel. Kita berharap anggaran bisa efektif dan efisien, tapi tetap memperhatikan peningkatan prestasi olahraga,” pungkas Kepala BPKD Sulsel ini. (*)

BACA JUGA