FOTO: Suasana pelatihan pengembangan cinderamata berbahan batu alam oleh Dosen Unibos Makassar/Minggu, 8 September 2019/Ist

Dosen Unibos Pembuatan Cenderamata Batu Alam di Desa Allakuang

Senin, 09 September 2019 | 10:47 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dosen Universitas Bosowa (Unibos) menggelar pelatihan pembuatan cinderamata berbahan dasar batu alam di Kantor Desa Allakuang, Minggu (08/09/2019).

Kegiatan ini sebagai salah satu program pengabdian masyarakat oleh Dosen Unibos.

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan pemilik Galeri Desa Allakuang, M.Basir sebagai pengelola hasil kreasi masyarakat.

Selain program pengabdian, pelatihan ini juga dilaksanakan dengan dimaksudkan untuk mendorong kreativitas masyarakat dalam menciptakan kreasi baru dalam pemanfaatan limbah batu gunung.

“Disini kami ingin latih masyarakat memanfaatkan sisa pembuatan produk konvensional seperti cobekan, lesung, batu nisan dan lain-lain, untuk menjadi sesuatu yang baru yang memiliki nilai jual,” kata Dosen Unibos, Dr. Zulkifli Makkawaru.

“Kami juga berharap ini dapat meningkatkan pendapatan perajin batu gunung dan menciptakan produk baru yang mendukung desa Allakuang sebagai desa wisata berbasis budaya kerajinan batu,” imbuhnya.

Pelatihan yang ditujukan kepada anggota kelompok perajin batu sebagai mitra ini, diberikan beberapa pembinaan termasuk mulai dari pemaparan dan praktik langsung pembuatan cinderamata pemadatan serbuk batu menggunakan bahan lem fiber atau resin.

Selanjutnya dengan hasil tersebut dibuat menjadi aneka bentuk seperti gantungan kunci bentuk cobek, doraemon, hello kitty, binatang dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan ini, Dr. Zulkifli Makkawaru melaksanakan pengabdian bersama Dosen Unibos Beche binti Mamma.(*)
 

Tags:

BACA JUGA