PON XX Papua

Sambut PON XX Papua, KONI Sulsel Usulkan Anggaran Rp80 Miliar

Senin, 09 September 2019 | 23:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tahun depan salah satu pesta olahraga terbesar di Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan dilaksanakan di Papua. Sulsel menjadi salah satu dari 34 provinsi yang akan mengirimkan kontingen dalam ajang empat tahunan tersebut.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel, Addien mengatakan untuk dukungan anggaran pihaknya telah mengusulkan Rp80 miliar. Usulan ini hampir sama dengan pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat lalu. 

muhammad-ismak

“Sama seperti PON lalu-lalu sekitar Rp80 miliar. Sejauh ini belum ada pembahasan bersama, kami menunggu berapa keputusan dari Pemprov Sulsel. Kalau pun ada surat permintaan untuk menjelaskan, kami siap,” kata Addien, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (9/9/2019).

Anggaran tersebut, kata Addien diperuntukkan mulai dari persiapan sebelum pemberangkatan, seperti karantina dan pelatihan bagi atlet. Selain itu, anggaran itu sudah termasuk biaya bagi atlet, official dan pelatih selama di Papua.



“Nanti dibagi lagi ke cabor (cabang olahraga), tapi ini tergantung program yang akan mereka jalankan.¬†Kita hanya fokus pada persiapan pemberangkatan dan pembinaan atlet,” jelasnya lebih jauh.

Terkait kebijakan Pemprov Sulsel yang akan membagi anggaran PON ke KONI dan Dispora. Addien mengungkapkan hal tersebut tak menjadi persoalan, yang jelas sama-sama untuk peningkatan prestasi Sulsel di PON mendatang.

“Kalau dibagi dua, kita setuju saja. Apapun itu kita akan laksanakan. Apakah mau kasih Dispora oke, atau ke KONI oke, kalau dibagi dua juga tidak apa-apa. Pemprov tentu punya pertimbangan, kita hanya sifatnya mendukung saja,” ungkapnya.(*)

BACA JUGA