Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, membagikan ratusan tumbler kepada para Camat, para Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Gowa usai upacara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-36 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin kemarin (9/9/2019)

Pemkab Kembali Bagi Ratusan Tumbler kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Gowa

Selasa, 10 September 2019 | 20:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, kembali membagikan ratusan tumbler kepada para Camat, para Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Gowa usai upacara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-36 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin kemarin (9/9/2019). 

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa, pemberian tumbler tersebut merupakan langkah serius Pemkab Gowa untuk meminimalkan peredaran sampah plastik di daerah ini.

muhammad-ismak

Selain itu, Adnan menyampaikan bahwa pembagian tumbler kepada Camat Lurah dan kepala desa se-Kabupaten Gowa langkah Pemkab Gowa melibatkan seluruh para aparat pemerintah dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat kelurahan dan desa. 

“Upaya ini guna mengurangi penggunaan sampah plastik di Gowa terutama minuman kemasan plastik,” ujar Adnan.



Lebih jauh menurut Bupati Gowa sampah plastik telah menjadi permasalahan di semua daerah, bukan hanya di Gowa, di Sulawesi Selatan dan Indonesia tetapi telah menjadi permasalahan di dunia.

“Olehnya itu, sebelum kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengurangi sampah plastik, maka kita harus mulai kepada diri kita terlebih dahulu. Harus dimulai dari pemerintahnya terlebih dahulu bahwa pemerintah harus menjadi cermin untuk mengajak masyarakat mengurangi sampah plastik di wilayah Gowa,” lanjut Adnan.

Tak hanya itu, Adnan juga membuat aturan sebagai bentuk komitmen aparatnya bertanggung jawab dengan tumbler yang telah dibagikan.

“Jika ada pimpinan SKPD, Camat, Lurah/Kepala Desa yang hilang tumblernya maka diwajibkan membeli dua tumbler yang sama. Untuk pimpinan eselon IV dan staf yang menghilangkan tumblernya maka wajib mengganti 1 dengan tumbler yang sama,” tambahnya.

Dengan semangat yang dibangun pemerintah saat ini, ia berharap agar seluruh aparat pemerintah untuk menjaga tumblernya baik-baik. Setiap ada agenda kegiatan maka tumblernya akan di cek secara berkala.(*)

BACA JUGA