Rumah Sakit Umum (RSU) Yapika yang berlokasi di Jalan Abd. Kadir Dg Suro, Kelurahan Samata mulai beroperasi hari ini, Rabu (11/9/2019)

RSU Yapika Mulai Beroperasi di Gowa Hari Ini

Rabu, 11 September 2019 | 21:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Rumah Sakit Umum (RSU) Yapika yang berlokasi di Jalan Abd. Kadir Dg Suro, Kelurahan Samata mulai beroperasi hari ini, Rabu (11/9/2019). Peresmian RSU Yapika dihadiri langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. 

Founder Yapika, Tahir Burhan mengatakan bahwa pilihannya mendirikan RSU Yapika di Kabupaten Gowa karena ia melihat perkembangan pembangunan di tanah kelahiran Sultan Hasanuddin tersebut sangat pesat.

muhammad-ismak

“Jika 5 tahun yang lalu masyarakat dapat membedakan antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa dari segi fasilitas umum, pertokoan hingga sarana prasarana lainnya, maka tiga tahun tidak dapat dibedakan lagi karena perkembangannya sudah setara,” ujarnya. 

Selain itu, Tahir Burhan juga menjelaskan bahwa dipilihnya wilayah Kabupaten Gowa sebagai lokasi berdirinya RSU Yapika ini dengan melihat data statistik yang ada jumlah masyarakat di daerah berjuluk butta bersejarah ini sebanyak 754.220 jiwa, sehingga telah memenuhi rasio berdasarkan aturan kesehatan dunia. 



“Ini bagian dari kita memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Makanya di rumah sakit ini kita upayakan menyiapkan pelayanan yang lengkap, bahkan kita siap memback up pasien yang ada di RSUD Syekh Yusuf jika penuh,” katanya di sela-sela peresmian. 

Dirinya pun menyampaikan terima kasihnya atas dukungan penuh yang diberikan Pemkab Gowa sehingga rumah sakit dengan fasilitas lantai lima ini dapat beroperasi sesuai yang diharapkan. 

Sementara, Bupati Adnan sangat bersyukur dengan beroperasinya rumah sakit tersebut. Pasalnya banyaknya usaha maupun sarana layanan yang dibuka membuktikan terjadi perkembangan suatu daerah. 

“Ini juga akan berkontribusi pada perekrutan tenaga kerja sehingga dapat menekan angka pengangguran maupun angka kemiskinan. Ini juga membuktikan adanya akselerasi ekonomi di wilayah kita ini mampu terjaga sehingga kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat,” ungkapnya. 

Selain itu, ia juga berharap seluruh tenaga kesehatan di rumah sakit ini adalah orang-orang yang dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh masyarakat, tanpa melihat status sosialnya. 

“Sebuah rumah sakit bukan hanya dinilai dari bangunannya yang bagus, tetapi paling penting adalah pelayanan baik, ramah sehingga sangat membantu kesembuhan masyarakat. Kehadiran RSU Yapika akan memberikan kontribusi pendapatan yang baik bagi masyarakat dan pemerintah daerah,” lanjutnya. 

Bupati Adnan pun juga menyampaikan terima kasihnya karena dipilihnya Kabupaten Gowa sebagai lokasi dibangunnya RSU Yapika. 

Sementara sarana dan prasarana yang disiapkan di rumah sakit tersebut antara lain tenaga kesehatan yang tersedia 14 dokter spesialis dan 5 dokter umum. 12 layanan poliklinik, ruang ICU/NICU, ruang operasi, ruang CT-Scan, laboratorium, IGD 24 jam dan ruang hemodialisa.(*)

BACA JUGA