Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis melantik Wakil Dekan (WD) Bidang Akademik, Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) serta Bidang Kemahasiswaan, Kamis kemarin (12/9/2019) di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar

Lantik Wakil Dekan Sejajaran, Ini Pesan Rektor UIN Alauddin Makassar

Jumat, 13 September 2019 | 23:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis melantik Wakil Dekan (WD) Bidang Akademik, Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) serta Bidang Kemahasiswaan, Kamis kemarin (12/9/2019) di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar.

“Untuk para Wakil Dekan Bidang Akademik, AUPK serta Kemahasiswaan dan Kerjasama, pikiran saya adalah bagaimana bisa melakukan penguatan pada fakultas masing-masing. Bapak-bapak dan ibu-ibu para wakil Dekan yang dilantik ini menjadi pengatur serangan. Jadi istilahnya dalam dunia bola dia disebut Playmaker, mengatur serangan. Karena pelatih sebenarnya sudah dilantik yaitu para dekan,” kata Prof Hamdan.

muhammad-ismak

Lanjut Prof Hamdan, sebagai pengatur serangan tentu efektifnya sebuah  serangan-serangan itu ada di tangan para Wadek yang telah dilantik. Untuk bidang akademik, tentunya dibutuhkan komitmen akademik untuk memperkuat rekognisi kampus peradaban sebagai lembaga akademik.

“Jadi, bidang akademik ditunggu pikiran – pikiran lompatan-lompatan akademiknya untuk memperkuat fakultas. Tentu dengan senantiasa berkoordinasi dengan Bapak Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof Mardan,” lanjutnya.



Tak hanya itu, penulis buku “Melawan Takdir” tersebut juga menekankan penguatan jurnal, publikasi aktif dan visitasi perlu didukung.

“Aspek yang kedua perlu disupport adalah pertama penguatan jurnal kita, saya sudah berjanji bahwa salah satu pancacita kepemimpinan kami adalah bagaimana kita melakukan peningkatan publikasi aktif, karya-karya kita, visitasi meningkat,” bebernya.

Ia juga berpesan periode kepemimpinan Wakil Dekan Akademik yang baru, ada jurnal yang meraih Science and Technology Index (SINTA) satu. 

“Sekarang ini kita berharap dalam kampus ini ada SINTA satu, melalui kepemimpinan Pak Prof Mardan. Kita sudah menghasilkan dua SINTA dua dari 29 jurnal, secara kuantitas kita terbanyak di PTKIN se-Indonesia. Nah sekarang satu tugas kita yakni penguatan kualitas. Ini sudah ada usulan tahun depan kita canangkan ada SINTA satu,” pesannya.

Sementara untuk Wakil Dekan Bidang AUPK, Prof Hamdan juga berpesan sebagai pengatur serangan agar melancarkan penganggaran. Ia menegaskan daya serap perguruan tinggi saat ini masih tergolong rendah. 

“Wakil Dekan Bidang AUPK Komandannya bapak Wakil Rektor AUPK dan Kabiro AUPK ini yang penting saya garis bawahi pada pelantikan ini sebagai pengatur serangan ada di tangan bapak-bapak dan ibu-ibu agar melancarkan penganggaran kita. Saya perlu tegaskan daya serap perguruan tinggi saat ini masih tergolong rendah,” ujarnya.

“Bapak dan ibu Wakil Dekan Bidang AUPK menjadi eksekutor untuk meningkatkan serapan fakultas, kalau bisa sampai 100%,” tambahnya.

Untuk Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof Hamdan menginginkan pejabat baru yang dilantik dapat membina mahasiswa agar tidak terjerumus dalam perilaku-perilaku tindakan amoral.

“Ini peluang dan tantangan kita sangat jelas dari delapan fakultas. Satu perempuan saya harapkan bagaimana bisa mengontrol, membina dan mengaktifkan anak-anak kita supaya tidak terjerumus dalam perilaku-perilaku tindakan amoral, melakukan demo anarkis dan merusak citra institusi kita,” pesanya.

Sekadar diketahui, selain Wakil Dekan  sejajaran Rektor juga melantik Sekretaris Lembaga pada LPM dan LP2M, Sekretaris Satuan Pengawasan Internal (SPI), Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Pusat pada Ma’had Al Jamiah, Kepala Pusat pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Ketua dan Sekretaris Komisi Penegakan Kode Etik (KPKE), Kepala Pusat Pengembangan Bisnis (P2B), Internasional Office (IO) dan Kepala Pusat pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).(*)