FOTO: Suasana Seminar Literasi Sampah Rumah Tangga Nasyiatul Aisyiyah Sul-Sel/Sabtu, 14 September 2019/Ist

PW Nasyiatul ‘Aisyiyah Sulsel Bahas Perempuan Peduli Sampah

Sabtu, 14 September 2019 | 20:38 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pimpinan Wilayah (PW) Nasyiatul ‘Aisyiyah Sulsel menggelar Kegiatan “Seminar Literasi Sampah Rumah Tangga”.

Kegiatan ini dalam rangka  menyemarakkan Milad Nasyiatul ‘Aisyiyah yang ke- 91 di Aula Mas Cingkrang, Jalan AP Pettarani, Makassar, Sabtu (14/9/2019).
 
Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Nasyiatul ‘Aisyiyah Sulsel, Sumarni Susilawati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan kita sebagai perempuan untuk peduli tentang pentingnya pengelolaan sampah di rumah tangga.

“Bukan saja Laki-laki yang peduli kami juga perempuan harus peduli terkait sampah,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu Public Relation Mall Sampah, Saddan Husain, selaku pemateri pada Seminar literasi mengatakan, salah satu langkah mengurangi atau reduce sampah plastik di Indonesia adalah dengan menerapkan larangan penggunaan kantong plastik. Beberapa kota di Indonesia sendiri sudah mulai menerapkan aturan ini.

Ia menambahkan, dengan metode ini mall sampah dapat ditangani seluruhnya langsung sesuai kategori sampahnya, sehingga meminimalisir sampah hingga di pemrosesan akhir.

Menurutnya jika merujuk pada pengolahan sampah di sejumlah negara tersebut, mereka tidak dipusingkan dengan tumpukan sampah, termasuk sampah plastik yang sampai terbawa ke laut.

Senada dengan itu, Materi dari Fiel Cordinatior INVEST co-op Indonesia, Zulkarnain berpesan kepada peserta agar lebih antusias dalam pengelolaan koperasi di tingkat sul-sel apalagi jika dikelola oleh perempuan itu sendiri .
 
“Beliau menyampaikan bahwa koperasi sampah merupakan satu kesatuan sistem solid yang diusung dengan model koperasi dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan ekonomi dengan memberdayakan perempuan di Nasyiatul Aisyiyah Sul-Sel,” tuturnya.

Seminar literasi sampah yang dipandu langsung oleh Ayunda Nirwana selaku sekertaris bidang pendidikan dan penelitian dihadiri kurang lebih 100 orang peserta dari kalangan Kampus dan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah se Sulsel.(*)