Puncak acara Dies Natalis ke-59 Fakultas Teknik Unhas, Sabtu (14/9/2019)

Sekda Gowa Sebut Keberadaan FT Unhas Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Sabtu, 14 September 2019 | 18:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa H. Muchlis mengatakan bahwa keberadaan Kampus Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin (Unhas) di Kabupaten Gowa membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Kehadiran Fakultas Teknik di Gowa membawa kontribusi besar bagi perkembangan perekonomian di wilayah ini. Terutama memberi efek ekonomi besar di sekitar wilayah kampus Unhas Gowa di Kecamatan Bontomarannu,” kata H. Muchlis saat menghadiri puncak acara Dies Natalis ke-59 Fakultas Teknik Unhas, Sabtu (14/9/2019).

Menurut H. Muchlis, hal tersebut bisa dilihat dengan berkembangnya rumah kos maupun tempat-tempat makan yang melayani kebutuhan mahasiswa. “Bahkan kondisi ini  tidak hanya berlaku satu hingga dua tahun saja, tapi ke depan akan memberikan efek multi player yang jauh lebih besar di masa akan datang,” lanjutnya.

Selain pergerakan di bidang ekonomi, menurut H. Muchlis berharap keberadaan Fakultas Teknik Unhas mampu memberikan sumbangsih di bidang inovasi melalui pengembangan penelitian yang hadir di kampus.

“Kampus adalah pusat penelitian menghadirkan beragam inovasi yang hadirnya bisa menjadi solusi dalam menjalankan beragam aspek kehidupan di masyarakat. Pemkab Gowa berharap inovasi ini bisa berkontribusi terhadap pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Gowa. Bahkan kelak mampu bersinergi dan menjadi kebanggaan kita bersama,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Pemkab Gowa akan senantiasa hadir memberikan dukungan penuh bagi perkembangan Unhas di Gowa selama masih dalam kewenangannya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan A Sudirman Sulaiman berharap Fakultas Teknik Unhas terus berkontribusi dalam pembangunan, bukan hanya di Kabupaten Gowa tetapi Sulsel secara keseluruhan. 

“Teknik Unhas memiliki alumni yang kuat dan hebat. Selalu terbuka kesempatan untuk telibat dalam proses pembangunan di daerah ini sebagai pengembangan keilmuan. Unhas diharapkan bisa terus bersinergi dengan Pemkab Gowa, Pemprov Sulsel untuk melahirkan kekuatan dalam membangun wilayah yang makin baik kedepan,” urai Wagub Sulsel.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Dr. Ir. Arsyad Taha, MT menyampaikan bahwa Teknik Unhas saat ini menjalani sebuah suasana yang terus berinovasi.

“Pencapaian serta rencana-rencana ke depan dengan kehadiran FT Unhas di usia ke-59 tidak lepas dari dukungan dari semua elemen yang ada di daerah ini dari pemerintah, BUMN maupun pihak swasta. Usia 59 terus memacu semangat kami akademisi di Unhas meningkatkan inovasi terutama untuk kemaslahatan orang banyak,” tambahnya.

Acara yang digelar di Kampus Teknik Unhas Kecamatan Bontomarannu tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Muh Fajaruddin, dan unsur Tripika Kecamatan Bontomarannu.(*)