FOTO: Kemasan kripik dangke di Kabupaten Enrekang/Ist
#

Dosen Unibos Beri Pelatihan Pengembangan Keripik Dangke di Enrekang

Senin, 16 September 2019 | 08:31 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

ENREKANG, GOSULSEL.COM – Dosen Universitas Bosowa membantu atau melakukan pendampingan pelatihan pengembangan kripik daengke di Desa Cendana, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan yang dilakukan Dosen Unibos ini merupakan Progran Pemengambangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD). Adapun Dosen Universitas Bosowa yang tergabung dalam tim, yakni Ir. Tamrin Mallawangeng, Dr. Muh Natsir Abduh dan Ir. Abdul Rahim Nurdin.

Ditujukan kepada desa mitra usaha, kegiatan ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan usaha yang berpengaruh pada penghasilan  mitra dapat meningkat.

Selain itu, fokus utama pelaksanaan kegiatan ini yaitu meningkatnya pola pikir dan pengetahuan mitra dalam mengelola usahanya secara berkelanjutan.

“Program ditujukan kepada kelompok mitra usaha kripik dangke dalam konsep meningkatkan usaha agar pihak pemerintah setempat juga dapat lebih memberikan perhatian yang besar kepada mitra dalam menjalankan kegiatan usahanya”, kata Dr Natsir Abdullah, salah satu tim Dosen Unibos.

Beberapa proses kegiatan yang dilakukan dalam program ini termasuk pengolahan produksi seperti pengolahan kemasan. Selain itu juga dilakukan pendampingan pelatihan keterampilan tentang proses pembuatan kripik. Luaran berupa kemasan yang yang menarik untuk setiap jenis produknya.

“Disini kami juga melihat rendahnya inovasi produksi. Dimana jenis produk belum bervariatif, terdiri dari satu jenis atau satu rasa saja pada keripik dangke. Olehnya itu melalui pendampingan (pelatihan) keterampilan tentang cara perbanyak variasi produk ini kami lakukan agar tersedianya pilihan konsumen lebih banyak sesuai selera,” kata Dr. Natsir Abdullah.

“Pada program ini kami juga fokus pada pengelolaan manajemen. Kami melihat pemasaran belum maksimal, sehingga pendampingan dilakukan dalam perluas pasar, melalui on-line dan super market, untuk meningkatkan produksi dan penjualan,” imbuhnya.

Salah satu perwakilan masyarakat mitra program , Abdul Rahman menuturkan sangat berterimakasih kepada tim Dosen Unibos.

“Kami berharap dengan adanya program ini rekan-rekan mitra usaha lebih termotivasi dapat mengelola usaha yang lebih professional,” katanya.(*)