Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib

Tahun Ini, Pemkab Gowa Revitalisasi Tiga Pasar Rakyat

Rabu, 18 September 2019 | 23:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan kembali membenahi sejumlah pasar rakyat. Untuk tahun ini, ada tiga pasar rakyat yang akan direvitalisasi. 

Tiga pasar rakyat tersebut, yaitu Pasar Limbung, Kecamatan Bajeng, Pasar Lauwa, Kecamatan Biringbulu, serta Pasar Balang-Balang, Kecamatan Bontomarannu. 

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan, revitalisasi ketiga pasar itu menggunakan anggaran APBN 2019. Nilainya Rp18 miliar. Masing-masing pasar mendapatkan alokasi anggaran Rp6 miliar. 

“Saat ini sudah proses tender. Kita rencanakan Oktober mulai pekerjaan fisik,” ujar Andi Sura Suaib di ruang kerjanya, Rabu (18/9/2019).

Diakui Sura, kondisi pasar rakyat yang masuk program revitalisasi memang memprihatinkan. Selain keliatan kumuh, kondisi bangunannya banyak rapuh sehingga perlu diganti dengan bangunan baru. 

Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi pada Pasar Limbung, Pasar Lauwa dan Pasar Balang-Balang. Juga pasar lain yang belum tersentuh revitalisasi. 

Dari 31 pasar rakyat yang ada, kata dia, sejauh ini baru 6 pasar yang telah selesai direvitalisasi. “Khusus tiga pasar tahun ini, target revitalisasi rampung Desember,” sebutnya

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sangat merespon positif program revitalisasi pasar rakyat di daerahnya. Apalagi tujuan revitalisasi ini untuk menciptakan kondisi pasar yang kondusif. 

Suasana pasar lebih bersih karena pedagang tertata rapih. Pun keamanannya terjamin.

“Dengan demikian, suasana pasar akan lebih nyaman sehingga menarik daya minat beli masyarakat,” tutup Andi Sura.(*)


BACA JUGA