Pembekalan peserta kegiatan wirausaha mandiri bertempat di wisma Hawai, Kamis (19/9/2019)
#

Langkah Strategis Pemkab Sinjai Ciptakan Tenaga Kerja Mandiri Menjadi Wirausaha Baru

Kamis, 19 September 2019 | 15:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Untuk mengurangi jumlah pengangguran, Pemerintah Kabupaten Sinjai tak henti-hentinya menelorkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat utamanya dalam penciptaan lapangan kerja. Saat ini, misi pemerintah memang cenderung akan terus menggenjot lapangan kerja produktif.  

Untuk itu, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai membuat sebuah terobosan dengan melatih para calon pencari kerja, agar bisa menjadi wirausahawan baru. Pola penciptaan wirausaha baru dapat dijalankan lebih efektif yang tentunya dilakukan pendampingan. 

“Ini merupakan proses kegiatan untuk menciptakan kader wirausaha muda atau pengusaha pemula yang berkualitas. Selain itu, untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis kepada para peserta pelatihan,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, H. Firdaus di sela-sela pembekalan peserta kegiatan wirausaha mandiri bertempat di wisma Hawai, Kamis (19/9/2019).

Menurut Firdaus, penciptaan wirausahawan baru ini merupakan langkah strategis Pemkab Sinjai yang tujuannya bukan hanya untuk mengurangi pengangguran dan membuka lapangan kerja baru, tetapi juga menciptakan kelas menengah baru yang mandiri dan produktif.

“Tahun ini, sebanyak 40 calon wirausaha baru yang dilatih. Secara bertahap mereka mengikuti pelatihan. Paket I telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dengan jumlah 20 orang dan untuk paket II yang akan dilaksanakan juga sebanyak 20 orang dari lima kecamatan di Sinjai,” paparnya. 

Sementara itu dalam arahannya, Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa mengatakan bahwa kegiatan pelatihan penciptaan wirausaha baru ini merupakan rangkaian kegiatan penciptaan wirausaha baru yang dilaksanakan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten sinjai, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan berusaha, dan peningkatan semangat dan jiwa kewirausahaan.

“Kebijakan pembangunan di bidang ketenagakerjaan di Sinjai tentu harus disesuaikan dengan sumberdaya serta kondisi lingkungan setempat secara terpadu. Sehingga dari hasil pembangunan itu dapat meningkatkan kesejahteraan sosial, memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kuantitas dan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Sinjai,” harap bupati.

Keberadaan wirausaha, lanjut Bupati, memang memiliki peran penting sebagai motor penggerak ekonomi dan pembangunan. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar para pelaku usaha ini bersungguh – sungguh dalam menjalankan usahanya agar kelak bisa mandiri.

“Sebagai langkah awal Pemerintah akan memberikan bantuan peralatan mesin jahit kepada perwakilan kelompok usaha menjahit. Ini juga merupakan bagian dari program penciptaan lapangan kerja dan wirausaha baru sesuai visi misi Bupati Sinjai 2019-2023,” pinta A Seto seraya mengharapkan agar bantuan ini betul-betul bisa bermanfaat. 

Acara ini dihadiri oleh para Asisten Setdakab sinjai, staf ahli dan pimpinan OPD, para Kepala Bagian Setdakab sinjai, para inspektur dan sejumlah narasumber dari Dinas Tenaga Prov Sul-Sel.(*)