Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib

Pemprov Sulsel-Pemkab Gowa Kerjasama Bangun Pasar Induk Bontorea

Sabtu, 21 September 2019 | 00:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Selain revitalisasi pasar rakyat, Pemkab Gowa juga berencana membangun Pasar Induk Bontorea di Poros Pallangga.

Pelaksanaan pembangunan direncanakan tahun 2020 mendatang. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan, pembangunan Pasar Induk Bontorea mendapat dukungan dari Pemprov Sulsel. 

“Pemkab Gowa dan Pemprov Sulsel bekerjasama membangun Pasar Induk Bontorea. Pemprov Sulsel membiayai anggarannya. Pemkab Gowa yang sediakan lahannya,” jelas Andi Sura Suaib di ruang kerjanya belum lama ini.  

Terkait soal anggaran, lanjut Sura, sudah disiapkan oleh Pemprov Sulsel. Anggaran itu berasal dari Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI. “Nilainya Rp15 miliar,” sebutnya. 

Begitupun kesiapan lahannya. Mantan Kabag Umum Setkab Gowa itu menegaskan, juga sudah disiapkan oleh Pemkab Gowa. “Luasnya sekira 24 hektare. Adapun lokasinya tepat disamping Polsek Pallangga,” beber Sura. 

Nantinya, kata dia, Pasar Induk Bontorea ini akan ditempati oleh para pedagang kaki lima yang selama ini berjualan disepanjang Poros Pallangga. Termasuk pedagang pasar tumpah yang tidak tertampung di Pasar Induk Minasa Maupa. 

“Kapasitas Pasar Induk Bontorea ini cukup besar. Bisa menampung 500-600 pedagang,” pungkas Sura.(*)