FOTO: Pelatihan mengolah kentan menjadi donat dan berbagai varian kripik di Desa Tonasa, Gowa. Kegiatan ini diinisiasi oleh tim dosen Unibos/Jumat, 20 September 2019/Dila Bahar/GOSULSEL.COM

Dosen Unibos Berikan Pendampingan Desa Tonasa, Kembangkan Donat Kentang

Minggu, 22 September 2019 | 09:05 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dosen Universitas Bososwa (Unibos) Makassar, Ir.  Rahmadi Jasmin dan Ripa Fajarina Laming membantu melakukan pengembangan industri rumahan donat kentang dan aneka kripik di Desa Tonasa, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini dalam rangkaian Unibos untuk mendorong program pengembangan desa mitra. Kegiatan yang terlaksanakan di Gowa ini dimulai, Jumat lalu (20/9/2019).

muhammad-ismak

Dosen Unibos berharap kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan kepada kelompok tani untuk mengolah hasil bumi yang dia dapatkan lewat industri rumahan.

“Sekiranya kami dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada kelompok tani hortikultura dalam mengolah tanaman hortikultura menjadi produk yang memiliki nilai tambah ekonomi,” kata Ir.  Rahmadi Jasmin,  MP saat memberikan pendampingan kepada kelompok tani hortikultura di Desa Tonasa.

“Kami juga menggelar kegiatan ini untuk merubah paradigma berpikir petani hortikultura dalam mengolah hasil tanaman hortikultura menjadi produk yang bernilai tambah ekonomi”, tambahnya.

Anwar Jama, salah satu masyarakat yang diberikan pendampingan mengungkapkan tenggapannya usai diberikan pendampingan.  

“Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu kami membuka wawasan masyarakat dalam membuat produk dari tanaman hortikultura. Kami beraharap kedepan ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura dan kegiatan ini dapat berlanjut kedepan”, katanya.(*)
 

Tags:

BACA JUGA