Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti ujian seminar proposal judul disertasi, Program Strata Tiga (S3) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin (23/9/2019)

Seminar Proposal Judul Disertasi Bupati Gowa Dapat Nilai A

Senin, 23 September 2019 | 22:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti ujian seminar proposal judul disertasi, Program Strata Tiga (S3) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin (23/9/2019).

Orang nomor satu Gowa tersebut mengangkat judul disertasi ‘Pengaturan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia’. Dalam pemaparannya, Bupati Adnan menyampaikan alasannya memilih topik tersebut salah satunya adalah karena melihat kenyataan bahwa porsi pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 lebih sedikit dari tahun lalu.

“Tahun 2018, jumlah paslon yang memenuhi syarat (MS) dari jalur perseorangan mencapai 65 atau mencapai 13,71 persen dari total 474 MS. Sementara tahun 2017 justru lebih besar. Secara total jumlah paslon jalur perseorangan mencapai 69 atau sekitar 22,26 persen dari total 310 paslon MS. Dengan demikian porsi paslon dengan dukungan partai politik masih cukup dominan dan cenderung membesar,” jelasnya.

Sementara itu, ketua tim promotor, Prof Syamsul Bachri mengatakan bahwa disertasi yang diajukan Bupati Adnan bisa menjadi koreksi atau kontrol bagi partai politik. Menurutnya, jika partai politik tidak dapat melahirkan calon pemimpin yang kapabel, yang mumpuni dan profesional diharapkan para calon dapat memilih yang ini.



Prof Syamsul Bachri juga menyebutkan bahwa para calon yang ingin maju dalam pilkada paling tidak harus mempersiapkan diri dari segi kecerdasan, intelektual dan mampu membangun membangun jaringan sehingga nantinya pemimpin yang dipilih mampu mereposisi prinsip-prinsip demokrasi.

“Jadi saya kira disertasi yang diajukan oleh Adnan Purichta Ichsan hari ini adalah masukan, sehingga ada temuan-temuan baru yang kita banggakan. Walaupun ada beberapa catatan namun secara keseluruhan disertasi ini sangat baik sehingga kami sepakat memberikan nilai ‘A’,” ujar Prof Syamsul Bachri.

Ujian proposal berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan susunan tim penguji seminar proposal yakni, Prof Syamsul Bachri bertindak sebagai ketua/promotor, Prof Marwati Riza dan Prof Hamsa Alim, sebagai ko promotor. Prof Aminuddin Ilmar, Prof Farida Patitingi, Prof Achmad Ruslan, dan DR Muh Hasrul sebagai anggota.(*)


BACA JUGA