Pelatihan 100 UMKM Keluarga Mitra di Makassar yang diadakan di Go Food Festival Karebosi Link, Makassar

Berikan Pelatihan Wirausaha Kepada Keluarga, Mitra Gojek Siap Cetak UMKM Baru

Rabu, 25 September 2019 | 17:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai aplikasi teknologi terdepan di Asia Tenggara yang berfokus pada pemberdayaan sektor informal, Gojek berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup mitra beserta keluarganya melalui berbagai upaya.  Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pelatihan 100 UMKM Keluarga Mitra di Makassar yang diadakan di Go Food Festival Karebosi Link, Makassar.

100 UMKM Keluarga Mitra Gojek merupakan suatu pelatihan komprehensif yang berkelanjutan bagi Keluarga Mitra Gojek dalam menciptakan sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Pelatihan ini menjangkau berbagai sektor usaha informal yang dapat diaplikasikan secara langsung, diantaranya kuliner, kerajinan tangan, fotografi dan pekerjaan spesialis lain sebagainya.

pt-vale-indonesia

Di tahap pertama ini, pelatihan diberikan kepada 100 Keluarga Mitra Gojek dengan masa pembinaan kurang lebih 90 hari dengan beberapa kali pertemuan. Peserta yang merupakan keluarga mitra Gojek ini diberikan kesempatan untuk menciptakan produk atau jasa sesuai dengan kemampuan dan peminatan hasil dari pelatihan ini.

100 orang keluarga mitra yang mayoritas ibu-ibu diberikan pelatihan memasak makanan yang sering dipesan melalui layanan GoFood. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan, dan memasak merupakan kegiatan yang biasa mereka lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, mereka ditantang untuk tidak hanya sekadar memasak tapi juga bagaimana mengemas dan memasarkan produk tersebut untuk customer. Tahapan selanjutnya, ibu-ibu ini diarahkan untuk menjadi pelaku bisnis mikro yang tidak membutuhkan modal besar untuk merintis usahanya apalagi juga didukung dengan layanan GoBiz dari GoFood.

Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia mengatakan, “Inovasi terbaru kami di sisi merchant/UMKM adalah aplikasi pengelolaan restoran khusus mitra merchant, GoBiz, di mana mereka bisa mengakses data untuk membantu menganalisis performa bisnis dari waktu ke waktu hingga mengelola operasional sehari-hari. Yang menarik dari aplikasi ini, merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri.” 

Dia menambahkan, teknologi ini juga telah terbukti meningkatkan pendapatan rata-rata merchant hingga 3.5 kali. Saat ini, di GoFood telah ada lebih dari 400 ribu merchant, di mana 96% mitra merchant GoFood adalah pelaku kuliner yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan.

“Potensi pertumbuhan ini akan terus dimanfaatkan GoFood untuk terus menghadirkan layanan yang bisa menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di saat yang bersamaan, kami akan terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra UMKM untuk tumbuh bersama GoFood,” kata Mulawarman.(*)


BACA JUGA