Bhabinkamtibmas Polsek Biringbulu Polres Gowa melaksanakan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Borimasunggu Kecamatan Biringbulu

Bhabinkamtibmas Polsek Biringbulu Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Borimasunggu

Rabu, 25 September 2019 | 18:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bahaya kebakaran hutan dan lahan khsususnya di dataran tinggi Kabupaten Gowa menjadi ancaman di musim kemarau. Mengingat sebagian besar dataran tinggi Kabupaten Gowa adalah lahan pertanian.

Atas dasar itulah, Bhabinkamtibmas Polsek Biringbulu Polres Gowa Bripka Suardy giat melaksanakan sosialisasi guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan perkebunan.

Salah satunya Bripka Suardy melaksanakan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Borimasunggu Kecamatan Biringbulu. Sosialiasasi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Borimasunggu, Sakaria Razak, staf desa dan masyarakat Borimasunggu.

“Saya sebagai Bhabinkamtibmas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat diperintahkan oleh pimpinan untuk tidak bosan bosannya menggencarkan sosialisasi kepada warga, agar warga paham dan peduli terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan,” kata Bripka Suardy.

Bripka Suardy menyebutkan bahwa di desa tersebut pada musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh faktor manusia, seperti membuang puntung rokok sembarangan dan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

Terpisah, Kapolsek Biringbulu Akp Muh Aidil Aqza mengatakan, bahwa membakar lahan untuk perkebunan merupakan cara mudah dan murah yang selama ini menjadi kebiasaan warga. Namun hal tersebut menurutnya menyalahi aturan.

“Pola buka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara itu jelas menyalahi aturan dan kami akan bertindak dengan tegas sesuai perintah pimpinan dalam hal ini Bapak Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga,SIK.,M.Si.,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap warga sadar dan segera meninggalkan kebiasaan lama agar tidak menimbulkan bahaya yang lebih luas.(*)