Desa Maradekayya Gowa Jadi Lokus Kunjungan Latpim Kalsel

Kamis, 26 September 2019 | 13:36 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Desa Maradekayya Kecamatan Bajeng menjadi lokus kunjungan peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional Latihan Kepemimpinan (Latpim) Nasional tingkat II angkatan XXVI Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Muh Aminuddin yang memimpin rombongan latpim mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Gowa dalam rangka Visitasi Kepemimpinan Nasional yang merupakan salah satu agenda nasional pembelajaran dari Pelatihan Kepemimpinan tingkat II dengan tema ketahanan pangan lokal.

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Gowa merupakan salah satu wilayah yang sebagian besar adalah pertanian. “Ini juga terkait tema kitakan pemberdayaan masyarakat dalam rangka ketahan pangan lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Aminuddin menilai bahwa Kabupaten Gowa khususnya Desa Maradekayya yang menjadi lokus kunjungan sudah mampu memenuhi hal tersebut yaitu ketersediaan pangan lokal.

“Ini kan Desa Maradekayya sudah berhasil yaa dalam memenuhi itu (stok pangan). Itu yang mau kita gali mau kita explor, upaya-upaya apa yang sudah dilakukan sehingga mereka bisa surplus padi,” ungkapnya.

Aminuddin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas kesediannya menerima rombongan peserta Latpim Nasional tingkat II angkatan XXVI Kalsel di tanah bersejarah tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa maradekayya, Ramli Daeng Malli juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang telah menjadikan Kabupaten Gowa khususnya Desa Maradekayya sebagai lokus kunjungan.

“Desa Maradekayya ada 5 dusun dan 10 RW. Kami mengucapkan terima kasih kepada rombongan Latpim Kalsel telah datang ke desa kami dan menjadikan lokus di sana,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk ketersediaan pangan, Desa Maradekayya sudah bisa mencukupi khususnya di Kecamatan Bajeng sendiri bahkan menurutnya surplus.

“Aset pertanain kita 2 kali panen untuk padi dan 1 kali untuk palawija lainnya. Tahun kemarin kami juga mendapatkan bantaun mesin penggiling beras dan sudah operasi dan semua panen padi ini kita lari kesini,” tambahnya.

Rombongan diterima oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Muh Rusdi bersama sejumlah pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Kamis (26/9/2019).(*)