Jurusan Manajemen Haji dan Umrah (MHU) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar seminar haji dan umrah yang dirangkai dengan pembukaan pelaksanaan Milad ke-2 Jurusan MHU UIN Alauddin Makassar, Kamis (26/9/2019)

Milad 2 Tahun, Jurusan MHU UIN Alauddin Makassar Gelar Berbagai Macam Kegiatan

Kamis, 26 September 2019 | 23:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Jurusan Manajemen Haji dan Umrah (MHU) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar berbagai macam kegiatan.

Ketua HMJ MHU UIN Alauddin Makassar, Firdaus mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau Milad ke-2 tahun Jurusan MHU UIN Alauddin Makassar.

Lanjut Firdaus, beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Seminar Haji dan Umrah yang dirangkai dengan pembukaan pelaksanaan Milad ke-2 Jurusan MHU UIN Alauddin Makassar.

“Hari ini kita laksanakan Seminar Haji dan Umrah sekaligus pembukaan rangkaian Milad ke-2 Jurusan MHU. Seminar ini kita peruntukan mahasiswa MHU sendiri dan  umum,” ujar Firdaus, Kamis (26/9/2019).



Firdaus menyebutkan bahwa dalam seminar yang berlangsung di gedung LT UIN Alauddin Makassar, para peserta akan dibekali dengan beberapa materi. Seperti manasik haji dan umrah, pelatihan tour guide dan orientasi bisnis.

“Kami hadirkan sejumlah pemateri yang sengat kompeten. Seperti manasik haji dan umrah kita hadirkan pemateri dari Tazkiyah, Adnan Syahruddin,” lanjutnya.

Kemudian pelatihan tour guide menghadirkan salah seorang Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr H. Abd Wahid, M.Ag.

“Kita sengaja ada materi ini, karena memang kita orientasi MHU itu ke arah sana mendampingi jamaah haji makanya kita beri materi tour guide untuk pemandu jamaah haji maupun umrah. Sementara untuk orientasi bisnis, pemateri dari EMS pand yaitu H Ahmad Ariesta Gemilang,” jelasnya.

Untuk rangkaian milad selanjutnya yaitu bakti sosial di BTN Cita Alam Lestari Gowa dan malam puncak atau ramah tamah yang akan digelar, Jumat besok (27/9/2019). Selain itu, Uus sapaan akrab Firdaus berharap di usia ke-2 tahun tersebut Jurusan MHU tetap eksis dan menjaga kekompakan dalam ruang lingkup kampus.

“Apalagi ini terbilang baru karena masih dua tahun. Namun yang paling penting adalah mahasiswanya siap menghadapi perkembangan zaman dan terutama ke depannya turut andil dalam pelaksanaan haji maupun umrah,” harapnya.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr Firdaus Muhammad di LT Kampus II UIN Alauddin Makassar.(*)