Pemkab Gowa memberikan jamuan makan malam kepada 54 mahasiswa dari Singapore Polytechnic dan Unismuh Makassar di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu (25/9/2019)

Pemkab Gowa Jamu Makan Malam Mahasiswa Unismuh dan Singapura

Kamis, 26 September 2019 | 18:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memberikan jamuan makan malam kepada 54 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Singapore Polytechnic sebanyak 27 orang, 3 dosen dari Unismuh Makassar, 27 orang mahasiswa ditambah 3 dosen di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu (25/9/2019).

Puluhan mahsiswa Singapura dan Unismuh Makassar tersebut baru saja menyelesaikan Program Learning Express selama empat hari tiga malam, di Kelurahan Cikoro Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa. Program tersebut merupakan program gabungan civitas akademika antara Unismuh Makassar dan Singapore Polytechnic.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar Erwin Akib yang memimpin rombongan mengatakan learning ekspres atau pembelajaran singkat adalah kegiatan Unismuh dalam hal ini FKIP bekerjasama dengan Singapore Polytechnic melakukan KKN singkat, di mana seluruh mahasiswa melakukan kolaborasi untuk membuat sebuah inovasi yang berhubungan dengan tiga hasil panen ditempat tersebut yakni kol, cengkeh, dan coco.

“Mahasiswa ini datang, tinggal, dan terjun langsung kepada masyarakat menanyakan masalah-masalah yang jadi kendala dalam membuat produk unggulan ini. Setelah mereka tampung, di sinilah mereka ditantang untuk memberikan inovasi-inovasi, dimana bentuk capaian proyeknya berbentuk prototipe yang hasilnya mereka berikan kepada masyarakat,” jelasnya.



Selain itu, pihaknya mengaku Unismuh dan Pemkab Gowa satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, pasalnya Gowa memiliki program prioritas dibidang pendidikan, sehingga Unismuh akan selalu mendukung dan mengambil salah satu bagian seperti menghadirkan mahasiswa dari luar seperti saat ini.

“Kami selalu menyampaikan kepada bapak bupati, kami siap khususnya di FKIP akan selalu mensupport aktivitas-aktivitas pengembangan edukasi dan terus membantu program-program pembangunan di Kabupaten Gowa,” tambah Erwin.

Olehnya dirinya berharap, program tersebut bisa terus berlanjut dan terus mendapat dukungan di Kabupaten Gowa, apalagi pihaknya baru saja memperpanjang kontrak dengan Singapore Polytechnic hingga 2023 mendatang program learning express tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Salam mengungkapkan terima kasihnya karena telah beberapa kali memilih lokasi di Kabupaten Gowa dengan memberikan edukasi kepada masyarakatnya.

“Tentunya sangat berterimakasih, karena membantu kita pemerintah untuk turun langsung ke masyarakat mulai dari mengajarkan bagaiamna panen yang baik dan menciptakan sebuah inovasi untuk mempermudah masyarakat kita bertani,” katanya.

Karena itu, melalui momentum seremoni tersebut, Salam menyampaikan Pemkab Gowa akan terus mendukung program tersebut dan selalu membukakan ruang bagi mahasiswa untuk datang ke Gowa apalagi membantu masyarakat di Kabupaten Gowa.

Sekadari diketahui closing ceremony program learning express ini turut dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan Muhammad Rusdi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Mappasomba, Kepala Dinas Pariwisata Sophian Hamdi, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Fajaruddin.(*)