Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran UMI, dr.Ida Royani,M.Kes (kiri) diundang sebagai pemateri di Bandung, Jawa Barat

Wakil Dekan II FK UMI, Pemateri Seminar Kurikulum Kesehatan Islam di Jawa Barat

Minggu, 29 September 2019 | 13:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran UMI, dr.Ida Royani,M.Kes diundang sebagai pemateri di Bandung, Jawa Barat. dr.Ida mewakili pimpinan FK UMI membawakan materi berjudul “Implementasi Kurikulum Pendidikan Kesehatan Islam Dengan Rumah Sakit Syariah.”

Materi ini dibawakan dalam rangka acara seminar sehari dan pelantikan pengurus Mukisi Jabar periode tahun 2019-2024.

Mukisi (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia) lahir dengan tujuan mulia yang diemban untuk segenap umat Islam di Indonesia. Berawal dari kesadaran para penyelenggara kesehatan Islam untuk membentuk forum yang mengayomi segenap upaya kesehatan Islam di Indonesia dan Rumah Sakit Islam.

Kemudian, untuk mewujudkan tujuan tersebut yang salah satunya adalah meningkatkan mutu penyelenggaraan upaya kesehatan yang professional dan Islam, MUKISI memulai kajian penting dan pembahasaan tentang konsep Rumah Sakit Islam yang menjadi cikal bakal konsep Rumah Sakit Syariah.

Hadir sebagai peserta para pengurus Majelis Upaya Kesehatan Islam (Mukisi) Jawa Barat, serta dari beberapa FK, Stikes selain dari pengurus Mukisi Jawa Barat. Dalam acara tersebut, dilakukan juga pelantikan pengurus Mukisi Jawa Barat.

Dr.Ida, menjelaskan bahwa di FK UMI sudah terintegrasi pendidikan Islam dalam kesehatan, baik di tingkat Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter/ Coass. Hal tersebut dituangkan dalam Blok Islam Disiplin Ilmu Kedokteran (IDIK). Hal inilah yang menjadi bahan beliau membawakan materi dalam seminar tersebut.

Hadir juga sebagai pemateri, dr.H.Masyhudi AM,M.M.Kes sebagai ketua Mukisi Pusat dan Prof.Dr.H.Jaih Mubarok,SE,MH,M.Ag sebagai dewan syariah nasional MUI.(*)