FOTO: Suasana pengungsian warga pendatang di Papua/Ist

Rusuh Wamena, 24 Warga Sulsel Meninggal dan 1.300 Mengungsi

Senin, 30 September 2019 | 10:20 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menimbulkan duka mendalam bagi warga Sulsel. Tercatat hingga kemarin ada 24 orang warga Sulsel yang meninggal akibat peristiwa rusuh tersebut.

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi-Selatan (KKSS) Mansur menyatakan bahwa jumlah warga Sulsel yang meninggal sebanyak 24 orang. Namun kondisi saat ini mulai berangsur-angsur membaik.

muhammad-ismak

“Yang sudah terdeteksi jumlahnya meninggal 24 orang, termasuk yang sudah dikirim 10 orang ke Makassar,” jelas Mansur.

Sementara itu yang keluar mengungsi dari Wamena dan ada di Jayapura kurang lebih 1.300an orang. Ia menguraikan mereka ditampung di rumah-rumah tongkonan warga, di asrama Lanud 751 Jayapura, Rindam Jayapura dan sebagian ada di keluarga masing-masing.

“Kondisi terakhir di Wamena sudah aman dan kondusif. Aktifitas masyarakat sudah mulai berjalan sejak hari ini,” paparnya.

Warga masyarakat yang keluar dari Wamena kebanyakan kaum ibu dan anak-anak disebabkan trauma melihat kondisi rumahnya terbakar dan peristiwa yang terjadi. Namun sebagian warga bertahan untuk menjaga rumahnya masing-masing.

Mansur menambahkan, bahwa Ketua BPD KKSS Jayawijaya di Wamena membuat posko dan dapur umum untuk melayani seluruh warga masyarakat di penampungan, baik yang ada di Kodim dan Polres Jayawijaya.(*)


BACA JUGA