Dua Hari di Papua, Wagub Pastikan Kondisi Wamena Mulai Kondusif

Selasa, 01 Oktober 2019 | 23:57 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tiba di Makassar, Selasa sore (1/10/2019). Sebelumnya selama dua hari, Sudirman melakukan kunjungan ke Papua meninjau korban kerusuhan Wamena.

Sudirman mengatakan kondisi keamanan di Wamena sudah mulai kondusif. Pihak keamanan baik TNI maupun polisi telah mengamankan Kabupaten Jayawijaya secara keseluruhan.

“Saya perlu tegaskan bahwa di sana sudah di bawah kendali TNI dan Polri. Mereka menjamin bahwa kedepannya tidak terjadi lagi kerusuhan. Bahkan di lokasi ada beberapa pos keamanan didirikan,” kata Sudirman di Rujab Wagub, Selasa malam (1/10/2019).

Selama dua hari di provinsi paling Timur, Wagub menemui Bupati Jayawijaya John Richard Banua dan Gubernur Papua Lukas Enembe. Selain itu, langsung menemui warga keturunan Sulsel baik yang mengungsi ke Sentani, Jayapura maupun di Wamena langsung.

“Alhamdulillah semua dalam kondisi baik, mereka berusaha mencari perlindungan dengan keluar dari Wamena. Jadi diangkut ke Sentani yang memiliki fasilitas pendukung terbaik,” jelasnya.

Adik kandung Menteri Pertanian ini menyebutkan perjalanan ke Wamena hanya bisa ditempuh lewat jalur udara dari Jayapura menggunakannya pesawat Hercules selama 40 menit.

“Sebenarnya ada jalan darat sekitar 400 kilometer, itu jalan nasional. Cuma ada jembatan yang hanyut, sehingga tak bisa dilewati mobil. Kalau lewat darat, bisa sampai dua hari sama dengan Seko kalau di Sulsel,” sebutnya. (*)


BACA JUGA