Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah

Gubernur Janji Berikan Tunjangan Kinerja Bagi Kepala OPD

Selasa, 01 Oktober 2019 | 13:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal menerima tambahan tunjangan tahun depan. Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah berjanji memberikan Tunjangan Kinerja (Tukin) bagi pejabatnya.

Tunjangan kinerja ini hanya diberikan kepada pejabat. Tak hanya itu, mereka juga tetap akan mendapatkan tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang selama ini sudah ada.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan pemberian Tukin ini agar kepala OPD bisa bekerja dengan baik. Pihaknya sementara menghitung kebutuhan anggaran untuk Tukin tersebut.

“Tahun ini kita efesienkan dulu, untuk dapat selisih.┬áKemudian baru kita kaji beberapa tunjangan kinerja agar bekerja tenang terutama kepala OPD. Itu salah satu cara menjaga integritas,” kata Nurdin di Rujab Gubernur Sulsel, Selasa (1/10/2019).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel Andi Arwin Azis menjelaskan pemberian tunjangan kinerja tergantung kebijakan pimpinan dan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

“Kalau Pak Gubernur mengatakan demikian berarti Pak Gubernur sudah menghitung betul, bahwa ada kemampuan untuk memenuhi itu. Tunjangan kinerja ini tentu terpisah dengan TPP. Tidak semua bisa dapat tunjangan kinerja, tapi kalau TPP sudah pasti semua dapat,” jelasnya.

Adapun besaran tunjangan kinerja, kata Arwin dilihat dari beban kerja, kemudian prestasi kerja dan beberapa indikator lain yang berkaitan dengan kinerja.

“Yang dapat itu tergantung kebijakan pimpinan, nanti kita kongkritkan seperti apa modelnya dan siapa yang akan diberikan berdasarkan indikator tadi,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA