Pemprov Sulsel Jamin Fasilitasi Pemulangan Korban Kerusuhan Wamena

Selasa, 01 Oktober 2019 | 13:52 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah memberikan jaminan pemulangan bagi warga Sulsel yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Provinsi Papua.

“Kita evakuasi dulu ke Sentani dalam rangka menghilangkan trauma sampai kondisi membaik. Yang mau pulang kita fasilitasi,” kata Nurdin di Rujab Gubernur Sulsel, Selasa (1/10/2019).

Nurdin menyebutkan hingga saat ini Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Sekda Sulsel Abd Hayat Gani masih berada di Papua untuk mengurus dan membantu warga Sulsel.

“Saya utus Sekda dan Pak Wagub juga ada di sana. Kita sudah bicara dengan Gubernur Papua dan KKSS,” sebutnya.

Mantan bupati Bantaeng ini menjelaskan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan aparat keamanan. Sebab secara perlahan kondisi keamanan sudah mulai kondusif.

“Kita harus komunikasi dengan Pemerintah setempat untuk sama sama menjaga. Jangan sampai kita evakuasi semua warga kita dan itu membuat mereka bisa tersinggung,” jelasnya.

Pemprov Sulsel sendiri telah memberikan bantuan awal senilai Rp1 miliar. Terkait data korban meninggal dunia dan mengungsi hingga saat ini terus dilakukan pendataan. (*)


BACA JUGA