Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulsel, Andi Baso Pangerang

Pertama Kalinya, Sulsel Raih Penghargaan Proklim Lestari

Selasa, 01 Oktober 2019 | 14:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2019. Rencananya penghargaan ini akan diserahkan di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Proklim adalah program dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK. Serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulsel, Andi Baso Pangerang penghargaan Proklim terbagi empat tingkatan. Mulai dari yang tertinggi Lestari, Utama, Madya dan Pratama.

“Dan untuk pertama kalinya Sulsel meraih penghargaan Lestari yang diterima oleh Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSPS), Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba,” kata Baso di Kantor DPLH Sulsel, Selasa (1/10/2019).

Sebelumnya, kelompok masyarakat di Desa Salassae ini sudah pernah menerima penghargaan Proklim Utama tahun 2017 lalu. Selain Desa Salassae masih ada empat kelompok masyarakat lainnya yang menerima penghargaan Proklim Utama.

“Kelompok masyarakat berbasis dusun, desa atau kelurahan yang terima penghargaan ada di Kabupaten Sinjai, Gowa, Soppeng dan Bone,” sebutnya.

Baso menambahkan KSPS menerima penghargaan tertinggi setelah melalui beberapa penilaian. Minimal mengembangkan kegiatan proklim ke 10 lokasi desa/dusun lainnya. Selain itu, warga Desa Salassae fokus mengembangkan pertanian organik.

Rencananya selain ketua KSPS, Bupati Bulukumba Sukri Sappewali dan Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah juga akan menerima penghargaan sebagai pembina Proklim.(*)


BACA JUGA