Ini Jaminan Gubernur Sulsel Kepada Eksodus Kerusuhan Wamena

Rabu, 02 Oktober 2019 | 15:48 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah menjemput langsung eksodus kerusuhan Wamena di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (2/10/2019). Sebanyak 170 pengungsi tiba menggunakan pesawat Hercules dari Sentani Jayapura.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin memberikan jaminan bagi pengungsi yang tiba. Termasuk pengungsi yang berasal dari luar Sulawesi Selatan.

“Kita siapkan asrama dan klinik sudah siap juga. Kami sudah berkoordinasi dengan kota Makassar. Kita berharap mudah-mudahan semua eksodus atau pengungsi yang datang bisa kita tangani dengan baik,” kata Nurdin, Rabu (2/10/2019).

Pengungsi akan ditampung dan diberi makanan hingga ada keluarga yang menjemput. Jika tak ada, Pemprov Sulsel akan memberikan fasilitas pemulangan ke kampung masing-masing.Tak sampai di situ, mantan bupati Bantaeng ini berjanji akan menyiapkan modal usaha bagi korban yang tak ingin kembali ke Wamena lagi.

“Kita akan bantu, Pemprov Sulsel akan hadir. Kita sudah bantu sementara satu miliar, nanti coba kita lihat. Kalau ada yang mau rekonstruksi nanti coba kita bantu. Tapi harus ada kepastian keamanan di sana,” sebutnya.

Nurdin menyebutkan pengungsi yang tiba tersebut merupakan rombongan pertama yang dikoordinir oleh Pemprov. Nanti masih ada lagi gelombang pengungsi, termasuk yang menggunakan kapal laut dan direncanakan tiba besok malam. (*)


BACA JUGA