FOTO: Suasana festival layang-layang pada acara adat 'Marimpa Salo' di Kabupaten Sinjai/Sabtu, 5 Oktober 2019/Izhar/GOSULSEL.COM
#

Festival Layang-layang Warnai Pesta Adat Marimpa Salo di Sinjai

Minggu, 06 Oktober 2019 | 10:06 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

SINJAI, GOSULSEL.COM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai Menggelar Festival Layang-Layang dalam Rangka Memperingati Pesta Adat ‘Marimpa Salo’ yang Berlangsung di Hutan Bakau Takkalala, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sabtu (5/10/2019).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Haerani Dahlan Menyampaikan bahwa festival  layang-layang ini diikuti sebanyak 38 dari OPD, BUMN dan BUMD sebanyak 20 peserta serta 18 orang dari kategori Umum.

Festival layang-layang ini merupakan rangkaian acara untuk memperingati pesta adat Marimpa Salo 

“Tujuan diadakannya festival layang-layang untuk memasyarakatkan kembali lomba layang-layang dan ini merupakan bentuk permainan tradisional yang dilaksanakan setelah panen baik itu dilaksanakan di pegunungan maupun di pesisir dan saya berharap agar festival layang-layang ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” jelasnya.

Kepala Desa Sanjai, Muhammad Arsal menyampaikan bahwa lomba layang-layang yang diadakan setiap tahun adalah merupakan permainan tradisional, dan festival layang-layang ini sudah di adakan pada tahun lalu di bukit vandiam dan tahun ini kembali digelar di pantai hubat.

“Saya berharap agar festival layang-layang ini menjadi even tahunan dan bertaraf nasional. kita sama-sama mendukung adanya festival layang-layang ini sebagai rangkaian acara marimpa salo,dan semoga tahun depan festival layang-layang ini bisa diikuti dari luar kabupaten sinjai,” jelasnya.

Adapun yang menjadi juara yaitu, Juara 1 Dinas Peternakan, Juara II Dispora, Juara III PDAM, Juara Harapan I Dinsos, Juara Harapan II Dinas Kesehatan,Juara Harapan III  BKPSDMA.(*)