Pemcam Tinggimoncong Hadirkan Kafe Layanan Informasi di Malino

Minggu, 06 Oktober 2019 | 14:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong menghadirkan inovasi baru yaitu membuat Kafe Layanan dan Informasi Publik. Kafe tersebut berfungsi sebagai sayap pelayanan.

Camat Tinggimoncong Andry Maurizt mengatakan bahwa walaupun berbentuk, namun tempat tersebut tidak mengubah ataupun menghilangkan fungsi Kantor Camat dan Kelurahan sebagai layanan pemerintahan.

“Kafe ini jadi alternatif bagi masyarakat yang mengurus dokumen pemerintahan sambil bersantai. Di situ alternatif masyarakat yang ingin dilayani tanpa tidak sungkan-sungkan dengan pola pikir kantor selama ini harus pakaian rapi,” ujarnya.

Lanjutnya, kehadiran Kafe Layanan dan Informasi Publik di Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa sejak Senin (30/9/2019) lalu tersebut merupakan output dari Diklat Kepemimpinan Tingkat 3 yang diikuti Camat Tinggimoncong beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bersama peserta lainnya yang berjumlah 40 orang membuat inovasi di wilayah dan instansinya masing-masing. Sementara itu, Andry Maurizt memilih untuk menghadirkan kafe layanan dan informasi publik tersebut.

“Saya memilih untuk mendirikan Kafe Layanan Informasi agar masyarakat bisa duduk-duduk santai sambil menikmati kopi, teh, dan minuman lainnya. Jadi bisa bersantai sambil menunggu berkasnya yang akan dilayani oleh staf kecamatan Tinggimoncong. Apalagi sudah tersedia blanko-blanko KTP, PBB,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Andry Maurizt juga menyebutkan bahwa kehadiran Kafe Layanan dan Informasi Publik tersebut untuk memberikan informasi kepada publik terkait tempat-tempat wisata yang ada di Tinggimoncong.

“Untuk itu, pengunjung yang ingin mengetahui dan mengenal titik-titik wisata, bisa mencari berbagai informasi di kafe ini. Apalagi tersedia peta dan denah. Selama ini malino sebagai tempat wisata belum mempunyai rujukan bagi pengunjung, baik itu objek-objek wistata, villa, hotel, restaurant hingga tarif-tarifnya,” tambahnya.(*)