Tutup Diklatpim Administrator Angkatan IX, Ini Harapan Sekkab Gowa

Selasa, 08 Oktober 2019 | 23:26 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, H Muchlis menutup Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Administrator Angkatan IX Tahun 2019 di Hotel Lynt Makassar, Selasa (8/10/2019).

Penutupan tersebut ditandai dengan penanggalan atribut peserta oleh H. Muchlis disaksikan Kepala Bidang Aparatur BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Gowa, Muh Basir.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, H. Muchlis mengatakan, bahwa pejabat administrator memiliki peranan sangat menentukan dalam menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program-program. Sehingga pejabat tresebut perlu dilengkapi dengan kompetensi dasar

“Hal inilah sehingga dipandang perlu untuk mengadakan kegiatan pelatihan kepemimpinan administrator ini agar para pejabatnya mempunyai wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan,sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur,” ujarnya.

Selain itu, lanjut H. Muchlis kegiatan tersebut untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jabatan administrator serta memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif yang berorientasi kepada pelayanan prima.

“Olehnya itu, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam membuat suatu perubahan pada unit kerjanya. Kemudian melalui perubahan tersebut dapat membuahkan hasil signifikan,” tambah Sekkab Gowa.

Olehnya itu, ia berharap kepada peserta Diklat PIM IX dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi mampu menunjukkan kinerja dalam memimpin perubahan di daerahnya masing-masing.

Sementara, Kepala BKP SDM, Kabupaten Gowa, Muh Basir menyampaikan dari hasil penilaian coach, mentor dan hasil laboratorium kepemimpinan tentang kemampuan para peserta dalam membuat inovasi dan penilaian terhadap perilaku peserta maka tim evaluasi akhirnya menetapkan semua peserta dinyatakan lukus.

“40 orang peserta ini dinyatakan lulus. Terpilih sepuluh reformer terbaik diantara 40 peserta yang dinilai sejak awal diklat hingga ujian akhir memaparkan inovasi,” tambah Kepala BKPSDM Gowa.

Selain itu, adapun top sepuluh inovasi terbaik implementasi proyek perubahan pada pelatihan kepemimpinan angkatan IX 2019, yakni, Nurlyah Djamir dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Gowa, Indra Wahyudi Yusuf Kabag Humas dan Kerjasama Gowa, Andi Tenriwati Tahri/ Kepala Bagian Umum Kab Gowa.

Taufiq M Akib/Camat Pallangga, Ester Tiaga dari Dinas Kesehatan Mamasa, Andry Mauritz MK/Camat Tinggimoncong, H Muh Syahrir dari Dinas Sosial Gowa, Baharuddin/Camat Pattallassang, Muh Faisal Hidayatullah dari BKPSDM Gowa dan HJ Rumaisah dari Dinas Kesehatan.(*)