Begini Rekayasa Lalu Lintas Selama Penutupan Fly Over Makassar

Rabu, 09 Oktober 2019 | 19:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pihak PT Wijaya Karya (WIKA) Beton sebagai kontraktor pelaksana pengerjaan tol layang menyiapkan rekayasa lalu lintas saat penutupan Fly Over untuk pemasangan box girder di atas tiang konstruksi yang sudah berdiri. 

Menurut Manajer Safety dan Traffic WIKA Beton, Alex Muhajirin, opsi pertama, dari arah tol Reformasi ke arah AP Pettarani, tidak ada perubahan, demikian juga sebaliknya.

muhammad-ismak

Sementara dari arah AP Pettarani ke Jalan Barawaja Timur (Rappokalling), harus melalui Tol Reformasi, belok kanan di depan u-turn Gedung Keuangan kemudian belok kiri menuju Jalan Barawaja.

Dari arah Jalan AP Pettarani ke Urip Sumiharjo (timur) harus melalui Tol Reformasi, putar balik (u-turn) depan Gedung Keuangan dan belok kiri depan fly over.

Untuk pengendara dari Jalan Urip Sumiharjo (barat) menuju Urip Sumiharjo (timur) harus melalui Tol Reformasi kemudian putar balik di depan Gedung Keuangan dan berbelok kiri di depan fly over.

Dari Urip Sumiharjo (Barat) ke Barawaja  Timur (Rappokalling) harus melalui Urip Sumiharjo belok kiri masuk Tol Reformasi, putar balik STA 0-50 (area Tol Reformasi) dan putar balik di JPO dan belok kiri menuju Jalan Barawaja.

Sementara dari Jalan Urip Sumiharjo (Timur) ke Jalan Urip Sumiharjo (Barat) harus belok kiri ke AP Pettarani, putar balik ke u-turn P12-P13 (depan Perumahan The Mutiara, selanjutnya belok kiri ke Jalan Urip Sumiharjo depan Sop Saudara.

Untuk alternatif kedua, dari jalan Tol Reformasi menuju Jalan A P Pettarani tidak ada perubahan arus lalu lintas. Demikian pula sebaliknya.

Sementara dari Jalan A P Pettarani menuju ke Jalan barawaja Timur atau Rappokalling lurus masuk Tol Reformasi, kemudian putar balik STA 0-150 area Tol Reformasi selanjutnya putar balik di JPO menuju Jalan Barawaja Timur.

Selanjutnya, dari Jalan AP Pettarani ke Jalan Urip Sumiharjo Timur, lurus masuk Tol Reformasi kemudian putar balik di STA 0-150 di area Tol Reformasi, selanjutnya belok kiri depan fly over menuju Jalan Urip Sumoharjo.

Bagi kendaraan dari Jalan Urip Sumoharjo Barat ke Urip Sumoharjo Timur harus melewati Tol Reformasi kemudian putar balik ke Tol Reformasi STA 0-150 dan belok kiri depan fly over selanjutnya menuju Jalan Urip Sumoharjo Timur.

Sementara dari Jalan Urip Sumoharjo Barat ke Jalan Barawaja Timur atau Rappokalling harus melewati Tol Reformasi, putar balik di STA 0-150 dan  putar balik JPO menuju ke Urip Sumoharjo Timur.

Dan dari Urip Sumoharjo Timur menuju Urip Sumoharjo Barat, harus belok kiri ke Jalan AP Pettarani l, terus putar balik di u-turn P12 hingga P13 depan perumahan The Mutiara. Selanjutnya belok kiri ke Jalan Urip Sumoharjo depan Sop Saudara dan menuju ke Jalan Urip Sumoharjo Timur.

“Dari hasil rapat disepakati jika opsi pertama yang akan diberlakukan. Namun, jika kepadatan kendaraan cukup parah, maka opsi kedua yang akan diberlakukan,” ungkap Alex Muhajirin. 

Sementara itu, Kaur Bin Ops Lantas0 Polrestabes Makassar, AKP Samuel Tolongan, mengatakan pihaknya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan, selama penutupan fly over, sebaiknya menghindari jalan tersebut.

Selanjutnya, dia menawarkan agar pada jam-jam tertentu, saat aktifitas di jalan padat, sebaiknya WIKA tidak melaksanakan pekerjaan dan membuka jalan bagi pengendara bermotor.

“Kalau bisa jam 6 sampai 9 pagi itu tidak ada aktivitas, selanjutnya jam pulang kerja pada sore hari sampai malam itu jam ramai kendaraan,” tutup Samuel.(*)


BACA JUGA