Peserta Open Road Expedition 2019 melakukan tes kelayakan kendaraan atau scrutineering serta mengikuti technical meeting oleh panitia pelaksana yang dilakukan di Phinisi Point Makassar, Rabu-Kamis (9-10/10/2019)

120 Calon Peserta ORX VI-2019 Ikuti Pemeriksaan Akhir Kendaraan di Phinisi Point

Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Keseruan para peserta Open Road Expedition 2019 melakukan tes kelayakan kendaraan atau scrutineering serta mengikuti technical meeting oleh panitia pelaksana yang dilakukan di Phinisi Point Makassar, Rabu-Kamis (9-10/10/2019).

Program ORX yang menggabungkan olahraga kegemaran khusus “off road” dengan aktivitas sosial dan lingkungan hidup. Aktivitas dalam ORX juga mendorong publikasi secara terbuka akan potensi wisata alam yang berada di wilayah terpencil dan terisolir khususnya di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. 

Seperti pada event-event off road sebelumnya diterapkan beberapa persyaratan dan proses yang wajib diikuti oleh calon peserta ORX VI-2019 ini, diantaranya pemeriksaan spesifikasi kendaraan yang terdiri dari keamanan, kelengkapan, aspek fungsi kendaraan, perlengkapan rescue atau penyelamatan, semua diwajibkan memiliki fitur keamanan antara lain roll bar, winch, PPPK, suku cadang pengganti khususnya pada perangkat fast moving, logistik makanan instan minimal 70 kg, air siap minum sedikitnya 6 galon serta bahan bakar cadangan minimal 70 liter.

Menurut Hamka Abbas (Ketua Panitia ORX-6), proses awal peserta mengikuti kegiatan ini yaitu mengambil nomor urut pemeriksaan kendaraan sebelum peserta masuk gate scrutineering untuk melakukan pemeriksaan secara penuh, dan jika calon peserta dinyatakan lolos, maka akan diikutkan ke tahap kedua yaitu pemeriksaan perlengkapan, di mana semua peralatan kendaraan akan dicek secara seksama oleh petugas scrutineering dan selanjutnya akan mengikuti tahap ke-3 yaitu pembagian logistik dari panitia.

“Kami dari panitia akan membagikan jaket pelindung anging (windbracker), dan kaos event sebanyak 3 lembar untuk 3 hari untuk setiap peserta” ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Pada kesempatan yang sama, Yudi Prabowo, selaku Sekretaris Ketua Panitia sekaligus Tim Kreatif ORX-6, menambahkan bahwa setelah lolos scrutineering, seluruh peserta diwajibkan mengikuti technical meeting pada tanggal 10 oktober 2019 pukul 15.00 Wita yang berlokasi di Tokyo Island Mal Pipo Makassar. Seluruh peserta diberikan kesempatan melakukan tanya jawab seputar regulasi ORX-6 yang telah ditetapkan oleh panitia yang tertuang dalam buku panduan peserta yang telah dibagikan kepada seluruh peserta saat melakukan registrasi di lokasi technical meeting.

Setelah technical meeting, seluruh peserta bertolak ke rumah jabatan Wali Kota Makassar untuk menghadiri malam ramah tamah bersama Muspida Kota Makassar sekaligus menerima sambutan dan pengarahan dari Bapak Walikota Makassar.

“Pada malam ramah tamah tersebut, Founder ORX Adventure Club, Bapak Agus Arifin Nu’mang, MS akan menyerahkan trophy penghargaan kepada Wali Kota Makassar sebagai terima kasih atas dukungan penuh Pemerintah Kota Makassar atas penyelenggaraan ORX seri 6 ini,” tutup Yudi.(*)