Pernikahan kedua mempelai yang diketahui merupakan anggota Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dilaksanakan dengan prosesi Upacara Tongkat Pora

Upacara Tongkat Pora Warnai Prosesi Pernikahan Pemuda Asal Gowa Ini

Kamis, 10 Oktober 2019 | 17:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sayuthi Adman Said warga Jalan Malino Sungguminasa Kabupaten Gowa ini melangsungkan pernikahan dengan Hasanah Syam di Gedung Al-Markaz Makassar, Kamis (10/10/2019).

Tidak seperti pada umunya, pernikahan kedua mempelai yang diketahui merupakan anggota Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar tersebut juga dilaksanakan prosesi Upacara Tongkat Pora.

muhammad-ismak

Dalam narasi yang dibacakan oleh salah seorang anggota Pramuka UIN Alauddin Makassar, Nur Chalisa mengatakan Tujuan upacara Tongkat Pora tersebut untuk menjalin hubungan silaturahmi yang kuat, antara kakak dan adik dan untuk mengantarkan kedua mempelai ke depan pintu gerbang pernikahan.

“Prosesi ini melambangkan kebanggaan dan kebahagiaan Pramuka Racana Alauddin dan Maipa Deapati, dalam mengantar kakak kami untuk menempuh lembaran kehidupan yang baru,” kata Nur Chalisa saat membacakan narasi proses Upacara Tongkat Pora.

Lanjutnya, hunusan tongkat melambangkan bahwa dengan bersikap dan berjiwa kesatria mempelai akan selalu siap untuk mengatasi segala rintangan dan menerobos semua hambatan yang akan menghalangi kehidupan mereka.

Sementara formasi dua shaf berhadapan melambangkan pintu gerbang yang akan  mereka lalui, merupakan awal suka dan duka dalam menempuh kehidupan yang baru.

“Kita saksikan kedua mempelai melewati pagar tongkat yang mengandung makna, bahwa dalam menempuh kehidupan ini banyak terjadi rintangan-rintangan yang harus dihadapi. Rintangan-rintangan tersebut sekarang akan dihadapi dan diselesaikan bersama mempelai sendiri, sehingga tujuan mulia dalam lingkup kehidupan yang baru, dapat tercapai,”

Sedangkan formasi berbanjar melambangkan bahwa, Pramuka Racana Alauddin dan Maipa Deapati turut bersuka cita dan mengantarkan kedua mempelai menuju pintu gerbang kebahagiaan dalam menempuh kehidupan yang baru.

“Ini bermakna bahwa kami siap mengantar kakak kami untuk membagi rasa baik dalam suka maupun duka,” tambahnya.

Sekadar diketahui bahwa Sayuthi Atman Said merupakan Bendahara Putra Dewan Racana Pandega (DRD) periode 2014 dan Ketua Putra DRD Pramuka UIN Alauddin Makassar periode 2015. Sementara Hasanah Syam merupakan Sekretaris Putri DRD Pramuka UIN Alauddin Makassar periode 2014.(*)