Cerita Owner Catering Seruni, Modal Sejuta Kini Beromzet Miliaran

Rabu, 16 Oktober 2019 | 22:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bagi Anda yang pernah menghadiri hajatan atau acara syukuran tentu tak asing lagi dengan makanan catering. Di Makassar dari ratusan perusahaan penyedia makanan, salah satu yang terbesar adalah catering Seruni.

Bahkan bisa dibilang hampir setengah pangsa pasar catering dikuasai perusahaan yang didirikan oleh pasangan suami-istri, Andi Buana Pati dan Hj Yusniar Arifin ini.

Berawal dari hobi memasak, kini catering Seruni telah mempekerjakan lebih dari 270 orang di beberapa cabang. Cabang catering Seruni sendiri tersebar di berbagai kota, mulai Makassar dengan tiga cabang, Bone, Palopo, Parepare dan Bulukumba.

Andi Buana Pati mengatakan awalnya dirinya bersama istrinya mendirikan perusahaan percetakan. Karena kalah bersaing dengan percetakan lain, dirinya kemudian banting setir dengan memulai usaha catering.

“Kami hanya bermodalkan uang satu juta, itupun alat masak kami pinjam. Konsumen pertama kami dari rumah ke rumah sampai menangani pesta pernikahan,” katanya saat ditemui di Rumah Makan Seruni Jl Bau Mangga, Rabu (16/10/2019).

Berkat perjuangan kerasnya, catering Seruni menjadi primadona masyarakat Makassar. Bahkan tahun 2014 menjadi puncaknya, dalam sehari bisa menerima 40 orderan untuk pesta atau hajatan.

“Alhamdulillah saat itu omzet kami dalam sehari bisa sampai dua miliaran sebulan. Sekarang karena daya beli lesu, belum lagi sebagian besar pesta sekarang sudah dilakukan di hotel jadi menurun Rp1-1,5 miliar,” jelasnya.

Sang istri, Hj Yusniar Arifin hingga sekarang tetap turun tangan memastikan pelayanan dan kualitas makanan catering. Termasuk pegawai yang dipekerjakan, mereka didik dari nol hingga ada yang menjadi kepala koki.

“Awalnya hanya tiga karyawan termasuk saya. Mulai masak sampai marketing saya yang tangani. Kemudian kami kembangkan hingga sekarang sudah ratusan. Dari mobil pinjaman sampai sekarang sudah ada 30 mobil box,” tambahnya.

Selain menjaga kualitas menu yang disajikan, rahasia sukses pasangan yang telah memiliki dua anak ini adalah terus berbagi ke sesama lewat zakat atau sedekah.(*)